Rumah warga di Solok terbakar akibat kompor meledak

id Solok

Rumah warga di Solok terbakar akibat kompor meledak

Teks Foto : Petugas kepolisian saat menunjukkan rumah yang terbakar di Nagari Aia Batumbuk, Jumat malam (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Rumah seorang warga Alius (89) di Jorong Sangkar Puyuh, Nagari Aia Batumbuk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok terbakar diduga karena kompor meledak saat ditinggalkan pemilik rumah pada Jumat.

"Rumah semi permanen Alius terbakar tadi malam (6/12) sekitar pukul 18.30 WIB," kata Kapolres Solok Arosuka, AKBP Ferry Irawan di Arosuka, Sabtu.

Ferry menjelaskan peristiwa kebakaran tersebut berawal sewaktu saksi Wira (38), Afriadi (37), Malen (65) sedang membeli rokok di sebuah warung.

Kemudian saksi melihat api telah membakar bagian belakang rumah korban, dan melihat hal tersebut saksi dan warga setempat langsung mendatangi rumah korban.

Lalu warga membawa korban keluar dari rumah, sementara api yang menyala di bagian belakang rumah langsung membesar dan membakar semua bagian rumah milik korban.

Ia menyebutkan berdasarkan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), peristiwa kebakaran terjadi diduga karena kelalaian korban.

Karena pada saat memasak air dengan mempergunakan kompor minyak, ditinggal pergi oleh korban, sehingga kompor minyak meledak dan menimbulkan api yang membesar dan membakar rumah korban.

"Akibat kebakaran tersebut korban mengalami kerugian materi sekitar Rp150 juta," ujarnya.

Pihaknya berharap masyarakat lebih waspada lagi dalam menggunakan kompor saat memasak, sehingga tidak terjadi hal-hal yang membahayakan.

"Masyarakat harus hati-hati dan mempunyai pengetahuan tentang langkah penanganan awal kebakaran, sehingga tidak panik dan api bisa segera dipadamkan," kata dia.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar