Dipecundangi Willem 2-0, Ajax telan kekalahan pertama musim ini

id ajax,willem,liga belanda,mike ndayishimiye,damil dankerlui

Dipecundangi Willem 2-0, Ajax telan kekalahan pertama musim ini

Gelandang Willem II, Mike Ndayishimiye, mengeksekusi tendangan penalti yang tak bisa diantisipasi Kiper Ajax, Andre Onana, dalam laga lanjutan Liga Belanda, Jumat (6/12/2019) waktu setempat. (ANTARA/Twitter@WillemII)

Jakarta (ANTARA) - Usai berpesta gol ke gawang FC Twente pekan lalu, Ajax untuk pertama kalinya menelan kekalahan musim ini setelah secara mengejutkan dipecundangi Willem II dengan skor 2-0 di kandang sendiri.

Dua gol yang disarangkan Willem tercipta melalui Mike Ndayishimiye lewat titik putih serta sepakan mendatar Damil Dankerlui di sisi kanan pertahanan Ajax, demikian catatan Liga Belanda, Jumat waktu setempat.

Kekalahan ini menjadi pertama yang ditelan Ajax usai menjalani 15 laga dengan 13 kali kemenangan dan dua hasil imbang. Meski begitu, Ajax tetap kokoh di puncak klasemen dengan 41 poin terpaut enam angka dari pesaing terdekatnya AZ Alkmaar.

Hasil yang diraih Ajax tentu menjadi kesempatan bagi AZ untuk memangkas selisih poin. Apalagi AZ akan menghadapi tim lewah, PEC Zwolle, selang satu hari pertandingan.

Sementara bagi Willem II, raihan tiga poin ini membawa mereka naik satu peringkat ke posisi tiga (29) menggeser PSV yang baru akan bertanding besok.

Sejak peluit babak pertama dimulai, Ajax langsung mengambil inisiatif serangan lewat akselerasi Hakim Ziyech. Sayang sepakannya di luar kotak penalti masih mampu diblok pemain bertahan Willem.

Giliran pemain Willem, Vangelis Pavlidis, mencoba peruntungan pada menit ke-12 lewat sepakan di sudut kanan gawang. Sepakannya masih mudah diamankan Andre Onana.

Ajax yang di sepanjang pertandingan terus mengurung pertahanan Willem lewat catatan 16 kali percobaan tendangan ke arah gawang, justru tertinggal lebih dulu lewat sepakan penalti Mike Ndayishimiye pada menit ke-41.

Berawal dari serangan balik cepat, akselerasi Ndayishimiye dijegal Sergino Dest di dalam kotak penalti. Aksi itu berujung pada keputusan wasit menunjuk titik putih.

Ndayishimiye yang mengambil sendiri tendangan penalti tak menyia-nyiakannya untuk membawa Willem unggul 1-0 yang bertahan hingga turun minum.

Dalam rentang waktu tujuh menit usai peluit babak kedua dimulai, Ajax setidaknya menciptakan lima peluang beruntun lewat Ziyech, Noa Lang, Sergino Dest, Donny van de Beek, dan Daley Blind.

Akan tetapi ancaman yang diciptakan belum mampu mengubah papan skor akibat solidnya lini pertahanan tim tamu.

Meski sering ditekan, Willem justru berhasil menggandakan keunggulan pada menit 78. Berawal dari serangan balik cepat Vangelis Pavlidis, ia mengirimkan umpan kepada Damil Dankerlui yang berdiri bebas untuk kemudian melepaskan sepakan. Bola meluncur kencang tanpa bisa dihentikan Onana.

Tak ingin malu di kandang, Ajax terus-menerus mengurung pertahanan Willem. Namun hingga wasit meniup peluit panjang, skor 2-0 untuk kemenangan Willem II atas Ajax.

Susunan pemain:

Ajax (4-2-3-1): Andre Onana; Sergino Dest, Joel Veltman, Daley Blind (Noussair Mazraoui), Nicolas Tagliafico; Donny van de Beek, Lisandro Martinez; Dusan Tadic, Hakim Ziyech, Noa Lang (Siem de Jong); Klaas-Jan Huntelaar (Lassina Traore)

Pelatih: Erik ten Hag

Willem II (4-3-3): Timon Wellenreuther; Bart Nieuwkoop, Sebastian Holmen, Jordens Peters, Freek Heerkens; Dries Saddiki, Mike Ndayishimiye, Pol Llonch; Che Nunnely (Damil Dankerlui), Vangelis Pavlidis (Paul Gladon), Mats Koehlert (Marios Vrousai)

Pelatih: Adrie Koster