Payakumbuh siap jadi tuan rumah Porprov 2020

id Porprov Sumbar 2020,Kota Payakumbuh,Seleksi Tuan Rumah Porprov

Payakumbuh siap jadi tuan rumah Porprov 2020

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh Andiko Jumarel di Payakumbuh, Jumat (6/11). (ANTARA/Akmal Saputra)

​​​​​​​Payakumbuh, (ANTARA) - Kota Payakumbuh siap untuk menjadi salah satu tuan rumah Pekon Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat pada 2020.

"Saat ini tengah dilaksanakan perbaikan sarana olahraga seperti kolam renang dan lapangan basket," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh, Andiko Jumarel, di Payakumbuh, Jumat.

Ia mengatakan selain untuk pelaksanaan Porprov 2020, perbaikan sarana juga disiapkan untuk pelaksanaan kejuaraan daerah (kejurda).

"Akan ada beberapa kejurda yang kita laksanakan, salah satunya renang dan basket," sebutnya.

Dengan adanya pelaksanaan Porprov 2020 dan Kejurda 2020 juga akan dapat meningkatkan kunjungan wisata di Payakumbuh.

"Orang-orang akan berkunjung di sini, menginap di sini dan belanja di sini. Jadi olahraga kita jadikan sport tourism," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan terdapat sembilan daerah yang diminta untuk menjadi tuan rumah Porprov Sumbar 2020 sebagai solusi Pasaman Barat.

Beberapa kota yang ditunjuk, yakni Padang Pariaman dengan cabang olahraga (cabor) panjang tebing, sepak bola, futsal, dan panahan. Kabupaten Agam dengan cabor pencak silat, dayung, dan lainnya.

Kota Bukittinggi dipercaya menyelenggarakan catur, biliar, binaraga (angkat besi dan angkat berat) serta bridge.

Kemudian Pariaman dengan cabor tenis lapangan, sepatu roda, tarung derajat, dan soft tenis.

Di Padang Panjang bulu tangkis, menembak, dan lainnya.

Sementara, Kota Padang dipercaya menyelenggarakan balap sepeda, atletik, karate, bola Volly, senam, dan Kempo.

Payakumbuh bola basket, sepak takraw, gulat, dan renang. Sawahlunto menggelar tinju, muay thai, wushu dan Sijunjung arung jeram.