Payakumbuh salurkan bantuan bagi lansia di lima kecamatan

id bantuan lansia

Payakumbuh salurkan bantuan bagi lansia di lima kecamatan

Pemko Payakumbuh menyerahkan bantuan tahap dua melalui program Bantu Lu dari Kementerian Kemensos RI. (Antara/Humas Payakumbuh)

Payakumbuh, (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menyalurkan program bantuan bagi kelompok masyarakat lanjut usia di daerah itu di lima kecamatan, yakni Kecamatan Payakumbuh Barat, Payakumbuh Timur, Payakumbuh Selatan, Payakumbuh Utara, dan Lamposi Tigo Nagori.

Kepala Dinas Sosial Kota Payakumbuh, Bapak Idris di Payakumbuh, Jumat, mengatakan bantuan itu berupaya untuk mengurangi angka kemiskinan di daerah itu serta pemenuhan kebutuhan bagi warga lanjut usia tidak potensial.

"Selain menurunkan angka kemiskinan, bantuan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga yang kurang mampu," katanya.

Ia mengharapkan bantuan ini segera sampai ketangan para lansia dan pendamping yang telah ditunjuk oleh Dinas Sosial agar dapat mendampingi proses penyaluran dari awal sampai akhir serta memastikan bantuan dapat termanfaat bagi penerima.

"Semoga bantuan ini segera sampai ketangan penerima dengan harapan dapat mengurangi beban keluarga penerima bantuan," katanya.

Sementara Kepala Bidang Perlindungan Rehabilitasi Jaminan Sosial, Friza Susanti mengatakan bantuan tersebut merupakan tahap kedua yang bersumber dari APBN Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Bantuan lanjut usia ini dahulunya bernama Asistensi Lanjut Usia (ASLUT) dan pada tahun ini ASLUT hadir lagi dengan nama Bertujuan Lanjut Usia (BANTU LU).

Untuk tahap kedua bantuan itu disalurkan kepada masyarakat penerima program bantuan sebanyak 75 orang yang tersebar di lima kecamatan. Satu orang lanjut usia menerima sebanyak Rp1,2 juta.

Yakni sebanyak 25 orang di Kecamatan Payakumbuh Barat, 25 orang di Payakumbuh Timur, 8 orang di Payakumbuh Selatan, 10 orang di Payakumbuh Utara, dan 7 orang di Kecamatan Lamposi Tigo Nagori. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar