Berikut pemenang Anugerah Wisran Hadi dan Lomba Esai Festival Bumi 2019

id Berita Padang,Lomba Esai Festival Bumi 2019,Anugerah Wisran Hadi,sastra sumbar,dunia sastra sumbar

Berikut pemenang Anugerah Wisran Hadi dan Lomba Esai Festival Bumi 2019

Panitia Festival Bumi 2019 umumkan pemenang Anugrah Wisran Hadi (Antara/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Panitia mengumumkan para pemenang Anugerah Wisran Hadi dan pemenang Lomba Esai Festival Bumi 2019.

"Selama penjurian terjadi perdebatan panjang dan sengit hingga akhirnya telah diputuskan para pemenangnya," kata seorang dewan juri S Metron Masdison saat dihubungi dari Padang, Kamis.

Ia menyebutkan untuk Anugerah Wisran Hadi terdapat 50 naskah buku yang diterima juri yakni kategori bukan fiksi dan kategori fiksi.

"Dari masing-masing kategori hanya akan dipilih satu pemenang yang akan dinilai oleh juri yakni Gus Tf, Raudha Taib dan Sudarmoko," kata dia.

Berdasarkan hasil keputusan dewan juri pemenang dari kategori fiksi diraih oleh Heru Joni Putra dengan judul buku Badrul Mustafa Badrul Mustafa Badrul Mustafa dan Deddy Arsa memenangkan kategori bukan fiksi dengan judul buku Mendisiplinkan Kawula Jajahan Politik Penjara Hindia Belanda Abad XIX dan XX.

"Untuk lomba esai, dari 20 naskah yang masuk, empat naskah dinyatakan gagal karena tidak sesuai tema dan tiga naskah melewati batas waktu penerimaan," katanya.

Sehingga hanya tersisa 13 naskah, maka tim juri yang terdiri dari Dede Pramayoza, S Metron Masdison dan Khairul Jasmi memutuskan lima orang pemenang kategori naskah terbaik (penomoran bukan peringkat), yakni Esha Tegar Putra dengan judul esai Terus Melompat dari Lirik ke Idiomatik, Randi Reimena dengan judul esai Pertanyaan untuk Sejarah, Pertanyaan untuk Wisran Hadi: Telaah Ringkas Empat Lakon Perang Paderi.

Selanjutnya Nasrul Azwar dengan judul esai Menghadapi Tantangan di Depan: Menyinergikan, Napas Pendek Komunitas Seni, Ramadhani dengan judul esai Gerak Panggung Bumi dan Daya Visual Wisran Hadi, Sudarmoko dengan judul naskah Bumi Teater: Tentang Latar Budaya dan Ketokohan dalam Komunitas Seni.

Ia juga mengatakan penyerahan hadiah akan dilangsungkan pada Malam Anugrah Festival Bumi 2019 pada 5 Desember 2019.