Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand lakukan penelitian model intervensi promosi kesehatan

id berita padang, berita sumbar, dosen FKM Unand,Fakultas Kesehatan Masyarakat, Unand Padang

Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand lakukan penelitian model intervensi promosi kesehatan

Seminar Model Intervensi promosi kesehatan oerja sama Faklutas Kesehatan Masyarakat Unand dengan Dinas Kesehatan Sumbar. (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (ANTARA) - Faklutas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Unand) melakukan penelitian tentang intervensi promosi kesehatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Sumatera Barat dalam rangka menemukan model terbaik intervensi promosi kesehatan.

"Kita tahu di Indonesia dari tahun ke tahun penyakit menular dan penyakit tidak menular terus berjangkit, walaupun sudah ada beragam intervensi namun dinilai belum efektif sehingga perlu dicari pola terbaik," kata Dosen Faskultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unand Kamal Kasra, MQIH di Padang, Rabu.

Ia menyampaikan hal itu pada pemaparan hasil penelitian di hadapan Dinas Kesehatan kabupaten dan kota yang beranggotakan Ahmad Hidayat, MPH dan Yeffi Masnarivan, M, Kes.

Menurut Kamal saat ini sudah ada gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Germas, Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga.

Tapi hasilnya sampai saat ini belum maksimal, padahal tujuan dari program tersebut adalah mendorong perubahan perilaku masyarakat supaya hidup bersih dan sehat, kata dia.

Ia menyampaikan jika masyarakat memiliki pola hidup sehat dan bersih maka beberapa penyakit akan berkurang.

Pengetahuan masyarakat soal kesehatan sudah cukup baik, banyak yang tahu penting makan sayur dan buah penting menimbang, tapi yang jadi persoalan hal itu belum dipraktikan baru sebatas pengetahuan semata.

"Oleh sebab itu perlu dicari model intervensi mengapa orang memiliki pengetahuan soal kesehatan namun tidak mengamalkan," kata dia.

Ia berharap dengan model intervensi tersebut lahir satu model yang cocok untuk diterapkan petugas kesehatan kepada masyarakat. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar