Pesisir Selatan bangun sentra kuliner perikanan senilai Rp2,5 miliar di Pantai Carocok

id Andi Syafinal,kuliner perikanan,pantai carocok painan,berita pesisir selatan,pesisir selatan terkini,berita sumbar,sumbar terkini

Pesisir Selatan bangun sentra kuliner perikanan senilai Rp2,5 miliar di Pantai Carocok

Kepala Dinas Perikanan Pesisir Selatan, Andi Syafinal. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan membangun sentra kuliner perikanan senilai Rp2,5 miliar di kawasan objek wisata Pantai Carocok Painanpada 2020.

"Anggaran tersebut bersumber dari APBN, dengan uang sebesar itu akan dibangun 18 petak toko," kata Kepala Dinas Perikanan Pesisir Selatan, Andi Syafinal di Painan, Kamis.

Toko-toko tersebut akan dilengkapi dengan gedung promosi dan gedung siap saji.

Di gedung promosi, kegiatannya fokus pada pengenalan berbagai olahan panganan yang berbahan dasar ikan, sementara di gedung siap saji pengunjung bisa dengan mudah menemukan berbagai olahan ikan yang siap disantap.

"Di sentra kuliner perikanan akan diolah berbagai panganan berbahan dasar ikan seperti bakso ikan, nudget ikan, abon ikan dan lain sebagainya," kata dia.

Selain memberdayakan tenaga-tenaga terampil dalam pengelolaannya, pihaknya juga akan melibatkan masyarakat sekitar.

"Masyarakat sekitar juga akan menjadi prioritas, karena keberadaan sentra kuliner perikanan bertujuan untuk memacu peningkatan ekonomi masyarakat," ungkapnya.

Keberadaan Sentra Kuliner Perikanan juga dimaksud untuk memacu perkembangan objek wisata Pantai Carocok Painan yang merupakan salah satu destinasi unggulan daerah.

"Sepanjang tahun, Pantai Carocok Painan selalu ramai dikunjungi wisatawan baik asing maupun domestik, keberadaan sentra kuliner perikanan akan memberi warna tersendiri bagi mereka," sebutnya.

Guna pengembangan Pantai Carocok Painan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan juga akan membangun pusat jajanan serba ada atau pujasera dengan anggaran pembangunan Rp2,2 miliar, dan ditarget rampung akhir tahun ini. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar