Ubah kebiasaan buang air besar sembarangan, Pasaman Barat bangun 30 jamban sehat di Air Bangis

id Jamban sehat,Pasaman barat, Air Bangis

Ubah kebiasaan buang air besar sembarangan, Pasaman Barat bangun 30 jamban sehat di Air Bangis

Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Haryunidra saat melihat jamban sehat yang baru siap dibangun di Air Bangis. ANTARA/HO-Humas Pasaman Barat

Simpang Empat, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) membangun 30 jamban sehat untuk masyarakat kurang mampu di Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas.

"Jamban sehat bantuan Pemerintah pusat ini diharapkan mampu membantu masyarakat dan mengubah kebiasaan buang air besar sembarangan," kata Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Haryunidra di Simpang Empat, Rabu.

Menurutnya pembangunan itu difokuskan di lokasi permukiman masyarakat agar bisa dimanfaatkan dan dirawat oleh masyarakat sekitar.

Selain jamban sehat, Dinas Kesehatan juga melakukan sosialisasi pola hidup sehat kepada masyarakat dan mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Ia berharap masyarakat bisa merawat dan menggunakan jamban sehat itu serta meningkatkan kualitas kesehatan di masing-masing keluarga mereka.

Kemudian hadirnya jamban sehat dinilai mampu menekan angka stunting di Pasaman Barat.

Ia menyebutkan pembangunan jamban sehat itu sebagai upaya menghindari kegiatan buang air besar sembarangan yang selama ini masih dilakukan oleh sebagian kecil masyarakat setempat.

Salah seorang penerima bantuan jamban, Yurna mengaku sangat senang karena selama ini mereka menggunakan sungai sebagai lokasi untuk kegiatan MCK.

Berkat bantuan jamban in, ia bersama beberapa keluarga sekitarnya bisa menggunakan jamban yang sehat dan aman. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar