Staf Ahli Kemenpar buka Festival Pesona Minangkabau 2019 di Istano Basa Pagaruyung

id Festival Pesona Minangkabau 2019,Tanah datar,berita sumbar,sumbar terkini,tanah datar terkini

Staf Ahli Kemenpar buka Festival Pesona Minangkabau 2019 di Istano Basa Pagaruyung

Pembukaan Festival Pesona Minangkabau 2019 di Pagaruyung Tanah Datar. (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Festival Pesona Minangkabau 2019 dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Kementerian Pariwisata RI Bidang Multikultural, Esti Reko Astuti di Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Rabu.

Pembukaan juga dihadiri Asisten III Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Nasir Ahmad, Raja Pagaruyung Sultan M Farid Thaib Tuanku Abdul Fattah, Forkopimda Tanah Datar, dan tamu undangan.

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi di Batusangkar, Rabu, mengatakan Festival Pesona Minangkabau adalah sebagai tempat untuk pelestarian budaya Minangkabau.

"Selain itu festival juga sebagai bentuk memperkenalkan adat dan budaya masyarakat Minangkabau kepada masyarakat, dan generasi muda, karena Tanah Datar merupakan "pusek jalok pumpunan ikan," katanya.

Festival ini juga turut dihadari tamu dari Provinsi Riau meliputi Kabupaten Kampar dan Siak, serta tamu dari Kepahiang Bengkulu, dan dari Negara Malaysia.

Selain itu festival Pesona Minangkabau akan disemarakkan dengan berbagai kegiatan, di antaranya pawai budaya Minangkabau, Pagaruyuang Ekspo, pacu jawi, dan lainnya.

Sementara itu Staf Ahli Kementerian Pariwisata RI Bidang Multikultural, Esti Reko Astuti mengatakan Festival Pesona Minangkabau merupakan salah satu even pariwisata yang masuk ke dalam 100 kalender of event wonderful.

Pada 100 Calender of Event 2020 even ini juga termasuk ke dalam kalender even Kementerian Pariwisata RI di Sumatera Barat. (*)