Tingkatkan semangat literasi, Padang hadirkan perpustakaan di komplek GOR H Agussalim

id Berita Padang,perpustakaan,GOR H Agussalim

Tingkatkan semangat literasi, Padang hadirkan perpustakaan di komplek GOR H Agussalim

Kepala Bidang Pustaka dan Kearsipan Kota Padang Ramson (kanan) (Antara/Laila Syafarud).

Padang, (ANTARA) - Pemerintahan KotaPadang, SumateraBarat menghadirkan perpustakaan di Komplek GOR H Agussalim untuk meningkatkan semangat literasi di tengah masyarakat.

Kepala Bidang Pustaka dan Kearsipan Kota Padang,Ramson di Padang, Rabu, mengatakan perpustakaan Kota Padang dikelola oleh Dinas Pustaka dan Kearsipan yang membawahi bidang arsip dan pustaka.

"Saat ini perpustakaan Kota Padang memiliki 3.000 koleksi buku," kata dia.

Menurutnya jumlah koleksi yang tersedia belum dapat memenuhi kategori perpustakaan kota yakni sekitar 8.000 koleksi buku yang harus dimiliki sebuah perpustakaan kota.

Ia mengatakan saat ini jumlah buku di perpustakaan Kota Padang memang masih kurang dan perlu penambahan buku baru, selain itu pihaknya akan melakukan penambahan koleksi buku baru.

Sementara itu, fokus gerak dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yaitu menata arsip dan menggerakkan literasi di tengah masyarakat melalui beberapa program.

"Salah satunya melalui Rumah Pustaka dan Peduli Arsip Masyarakat (RP-PAM) yang saat ini telah menjalankan fungsinya di Kelurahan Kurao Pagang," kata dia.

Program Rumah Pustaka diluncurkan dalam rangka meningkatkan minat baca di tengah masyarakat.

"Karena saat ini minat baca di Kota Padang masih tergolong rendah, apalagi dengan berkembangnya teknologi digital, yang menyebabkan masyarakat semakin malas untuk membaca buku," kata dia.

Perpustakaan Kota Padang juga memiliki layanan pustaka keliling ke beberapa sekolah dasar di Kota Padang dengan dua unit bus.

"Tujuannya ialah untuk meningkatkan minat baca dan semangat literasi dimulai sejak dini," ujar dia.

Ke depannya akan diusahakan penambahan pustaka keliling sebanyak 10 unit bus untuk dapat menjangkau seluruh wilayah di Kota Padang.

Saat ini perpustakaan Kota Padang masih belum terlalu dikenal oleh masyarakat, ia berharap ke depan masyarakat dapat mengetahui informasi tentang keberadaan perpustakaan melalui program yang akan diadakan. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar