Riza Falepi terima penghargaan Wali Kota Entreprenur 2019 Asean

id Riza Falepi,payakumbuh,berita payakumbuh,sumbar

Riza Falepi terima penghargaan Wali Kota Entreprenur 2019 Asean

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi di antara kepala daerah yang sukses di Asia Tenggara. (Ist)

Payakumbuh, (ANTARA) - Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mendapatkan penghargaan Wali Kota Entrepreneur Award (WEA) 2019 tingkat ASEAN dari Markplus Inc bersama Dirjen Otoda Kemendagri.

Wali Kota Riza Falepi saat dihubungi, Rabu, mengatakan Pemkot Payakumbuh akan terus mendorong warga dan jajaran pemerintahannya untuk terus berinovasi dan meningkatkan SDM dan pelayanan publik.

"Saya berkeinginan agar masyarakatnya ulet dan tangguh sebagai entrepreneur muda. Saya ingin menciptakan pengusaha-pengusaha muda di negeri ini, agar tak banyak berangan-angan menjadi ASN," kata dia.

Penghargaan tingkat ASEAN itu diserahkan oleh Staf Ahli Mendagri Bidang Pemerintahan Suhajar Diantoro kepada di Ballroom Hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Rabu (4/12). Ikut hadir dalam acara tersebut Sekdako Payakumbuh Rida Ananda dan Kepala Bappeda Ifon Satria Chan.

Riza Falepi ditetapkan sebagai penerima WEA kategori kemiskinan dan perdagangan. Dalam lima tahun terakhir, Riza Falepi sukses menekan angka kemiskinan dari awal kepemimpinan di tahun 2012, yakni sembilan persen menjadi 5,77 persen di akhir 2018 lalu.

Bukan sekedar menekan angka kemiskinan, berdasarkan data di Ditjen Otoda Payakumbuh salah satu kota yang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata nasional dan Provinsi Sumatera Barat.

"Alhamdulillah, dari data itu Pertumbuhan Ekonomi kita Payakumbuh di tahun 2018 adalah 6,14 persen," ujar Riza.

Ia mengatakan untuk menekan angka kemiskinan, Pemkot Payakumbuh membantu warga dengan berbagai bantuan modal usaha, masyarakat juga dibantu dengan papan. Yaitu menyulap rumah tidak layak menjadi rumah layak huni.

"Tidak kurang dari 5.000-an rumah warga miskin dibangun pemko dalam lima tahun belakangan," kata Riza. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar