Payakumbuh fokus kembangkan tanaman hortikultura

id Riza Falepi,berita payakumbuh,payakumbuh terkini,berita sumbar,sumbar terkini

Payakumbuh fokus kembangkan tanaman hortikultura

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi saat penanaman bibit tanaman aren beberapa waktu lalu. (Antara/Akmal Saputra)

Payakumbuh, (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan fokus mengembangkan dan mengampanyekan tanaman hortikultura kepada masyarakat.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi di Payakumbuh, Rabu, mengatakan daerah yang dipimpinnya tersebut sangat potensial untuk pengembangan tanaman hortikultura.

"Tidak boleh ada sejengkal tanah pun kosong atau tidak dimanfaatkan," ujar dia.

Ia mengatakan, Kota Payakumbuh merupakan daerah yang sangat bisa dalam mengembangkan pertaniankarena memiliki tanah yang subur.

Setiap kelurahan dan kecamatan memiliki potensi yang berbeda-beda, sehingga bisa mengembangkan banyak jenis tanaman hortikultura.

Saat ini Pemkot Payakumbuh sudah mulai menyalurkan bibit tanaman hortikultura. Contohnya kepada masyarakat Lamposi Tigo Nagari (Latina) yang telah disalurkan bibit tanaman aren.

"Daerah lainnya bisa kita dorong untuk sayuran dan jenis tanaman hortikultura lainnya, mungkin saja manggis," sebutnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Payakumbuh Depi Sastra mengatakan meskipun fokus mengembangkan tanaman hortikultura, Pemkot Payakumbuh tidak akan meninggalkan jenis pertanian yang telah ada.

"Sesuai perintah pimpinan, memang ke depan kami akan mengembangkan tanaman hortikultura. Tapi pertanian lain seperti padi tidak bisa ditinggalkan," ujar dia.

Dengan tanaman hortikultura juga akan dapat meningkatkan perekonomian petani dan juga masyarakat.

"Tanaman hortikultura kan tidak memakan tempat yang banyak. Bisa memakai lebih-lebih lahan atau ruang yang tersisa," kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar