BPN Pasaman Barat terbitkan 3.300 persil PTSL

id berita sumbar,ptsk,pasaman barat,berita pasaman barat

BPN Pasaman Barat terbitkan 3.300 persil PTSL

Kantor ATR BPN Pasamam Barat menerbitkan 3.300 persil PTSL dan menargetkan 5.000 lebih hingga akhir tahun 2019 (ANTARA/ Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Tim Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kantor Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menerbitkan sekitar 3.300 persil di tiga nagari atau desa di daerah itu.

"Kami optimis bisa menerbitkan 5.400 lembar sertifikat tanah hingga akhir tahun ini yang merupakan program strategis nasional," kata Kepala Kantor ATR BPN Pasaman Barat Arfathas Pait di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan program PTSL untuk 2019 berada di tiga nagari yakni di Nagari Lingkuang Aua, Nagari Aua Kuniang dan Nagari Ujung Gading.

Pihaknya terus berupaya mencapai target penerbitan PTSL itu.Pada awalnya ATR BPN Pasaman Barat ditargetkan sebanyak 4.000 PTSL namun karena realisasinya cukup bagus maka mendapatkan penambahan menjadi 5.400 lembar PTSL.

"1.000 lembar di antaranya akan dibagikan kepada masyarakat dalam waktu dekat. Sisanya masih dalam tahapan entri data dan pencetakan oleh petugas," ujarnya.

Selama menjalankan program PTSL itu petugas dari ATR BPN Pasaman Barat tidak menemukan kendala yang berarti meski saat pengukuran banyak ditemukan masyarakat tidak berada di lokasi dan kondisi cuaca, namun berkat komunikasi dengan pemerintah setempat itu bisa diselesaikan. Sulitnya jaringan internet dan sistim membuat sejumlah petugas entri data harus bekerja ekstra hingga lembur.

ATR BPN Pasaman Barat optimis seluruh target PTSL yang dibebankan bisa diselesaikan hingga akhir tahun ini karena seluruh petugas dan tim terkait saat ini sedang bekerja.

Petugas meminta masyarakat bisa memanfaatkan program strategis nasional ini.

Masyarakat diminta menghindari calo atau agen karena dalam prakteknya pengurusan PTSL ini tidak dipungut biaya alias gratis.

"Jika membutuhkan informasi masyarakat bisa langsung berkoordinasi dengan petugas di kantor ATR BPN Pasaman Barat," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar