LSP BAZNAS gelar pelatihan berbasis kompetensi di Sumbar

id baznas, sumatera barat, padang,muzaki,zakat, kompetensi

LSP BAZNAS gelar pelatihan berbasis kompetensi di Sumbar

Salah seorang pemateri menyampaikan materi di depan peserta peserta pelatihan berbasis kompetensi yang diselenggarakan oleh LPS BAZNAS (Antara/istimewa)

Padang (ANTARA) - Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama BAZNAS Provinsi Sumatera Barat menggelar pelatihan berbasis kompetensi skema staf pelaksana yang akan berlangsung sejak 3-5 Desember 2019.

Pelatihan ini akan diakhiri dengan Ujian Kompetensi kepada seluruh peserta untuk mengetahui kemampuan peserta, sehingga layak mendapatkan Sertifikat Kompetensi dari LSP BAZNAS.

Sambutan Ketua BAZNAS Provinsi Sumatera Barat, Syamsul Bahri Khatib, berpesan agar seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya sehingga di akhir kegiatan, seluruh peserta dinyatakan kompeten sebagai staf pelaksana dalam pengelolaan zakat.

Acara yang dilaksanakan tiap bulan oleh BAZNAS ini merupakan amanat dari UU No. 23 Tahun 2011 Pasal 7, bahwa pengelola zakat (amil) harus memiliki kompetensi dibidang pengelolaan zakat, yang telah diatur lebih lanjut dalam Peraturan BAZNAS Nomor 2 Tahun 2018 tentang sertifikasi Amil.
Ketua BAZNAS Sumatera Barat Syamsul Bahri Khatib memberikan arahan pada pembukaan pelatihan berbasis kompetensi yang diselenggarakan oleh LPS BAZNAS (Antara/istimewa)
Pelatihan ini dilaksanakan juga agar pengelolaan zakat se-Indonesia seragam. Melalui pelatihan berbasis kompetensi ini, amil dapat meningkatkan profesionalisme dalam pelayanan dan pengelolaan zakat, katanya.

Dalam pelatihan, materi pelatihan hari pertama ini mencakup sistem pengelolaan zakat nasional serta hubungan antara amil dan muzakki seperti menerima zakat dari muzakki, menangani keluhan muzzaki, serta mengelola loyalitas muzakki.Materi ini disampaikan oleh Kepala Divisi Ritel BAZNAS, Fitriansyah Agus Setiawan.

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan adalah 27 orang, meliputi perwakilan BAZNAS Kabupaten Tanah Dadar dan Kabupaten Pesisir Selatan masing-masing mengirim tiga orang.

Selanjutnya BAZNAS Kota Padang mengirim tiga perwakilan, BAZNAS Provinsi Sumbar, Kota Solok, Kab. Solok, Solok Selatan, Agam, Pasaman masing-masing mengirim dua perwakilan.

Sedangkan BAZNAS Padang Pariaman, Sawahlunto, Limapuluh Kota masing-masing mengirim satu perwakilan. serta satu orang peserta berasal dari BAZNAS Kota Batam.
Foto bersama Ketua BAZNAS Provinsi Sumatera Barat, Narasumber, serta peserta pelatihan. (Antara/istimewa)
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar