Empat sekolah sehat wakili Sumbar ke nasional

id lss

Empat sekolah sehat wakili Sumbar ke nasional

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit bersama Ketua Harian Tim Pembina UKS Sumbar Nasir Ahmad memberikan penghargaan pada pemenang Lomba Sekolah Sehat. (ANTARA SUMBAR/ Ist)

Padang (ANTARA) - Empat sekolah sehat terbaik pada masing-masing jenjang pendidikan akan mewakili Sumatera Barat pada Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Nasional tahun 2020.

"Empat sekolah ini diharapkan bisa mengharumkan nama Sumbar dengan meraih prestasi terbaik," kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit di Padang, Selasa.

Empat sekolah itu masing-masing TK Pembina Kampung Manggis Kota Padang Panjang untuk tingkat TK/RA, SD N 19 Santur Kota Sawahlunto untuk tingkat SD/MI.

Lalu MTs Sumatera Thawalib Parabek Kabupaten Agam untuk tingkat SMP/MTs dan SMA N Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar untuk tingkat SMA/SMK/MA.

Nasrul mengatakan Lomba Sekolah Sehat bertujuan untuk menilai prestasi sekolah dalam melaksanakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Namun aspek yang menjadi penilaian tidak hanya pada kinerja sekolah tetapi juga mempertimbangkan peran serta Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah, upaya sekolah, dan peserta didik dalam mewujudkan perilaku bersih dan sehat serta program UKS.

Sementara itu Ketua Harian Tim Pembina UKS Sumbar Nasir Ahmad mengatakan empat sekolah itu bisa mengikuti dua sekolah pemenang Lomba Sekolah Sehat Provinsi 2018 yang berhasil menorehkan prestasi di LSS tingkat Nasional 2019.

Dua sekolah itu yaitu SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam yang berhasil meraih juara II LSS tingkat nasional kategori best performance.

Kemudian MTsN 6 Kabupaten Solok yang berhasil meraih juara II LSS tingkat nasional kategori best character.(*)