Payakumbuh wakili Sumbar pada asah terampil di Penas KTNA 2020

id Penas KTNA 2020,Tim Asah Terampil Payakumbuh,Berita Payakumbuh

Payakumbuh wakili Sumbar pada asah terampil di Penas KTNA 2020

Kepala Dinas Pertanian Payakumbuh Depi Sastra saat memberikan kata sambutan di kegiatan pemberian bibit tanaman aren di Payakumbuh, Senin (2/12). (ANTARA/ Akmal Saputra)

​​​​​​​Payakumbuh, (ANTARA) - Tim asah terampil dari Kota Payakumbuh akan mewakili Sumatera Barat (Sumbar) pada pelaksanaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) atau Penas Tani yang akan dilaksanakan pada 2020.

Kepala Dinas Pertanian Payakumbuh Depi Sastra di Payakumbuh, Senin mengatakan, tim asah terampil Payakumbuh dapat mewakili Sumbar karena berhasil meraih juara pada Peda Tani sehingga menjadi wakil Sumbar dalam Penas KTNA 2020.

"Alhamdulillah, tim asah terampil kita akan mewakili Sumbar untuk tingkat nasional di Penas Tani nanti," kata dia.

Ia mengatakan, juara pada Peda Tani tersebut tidak terlepas dari persiapan yang dilakukan tim asah terampil sebelum mengikuti Peda Tani.

"Pendamping dari Dinas Pertanian Payakumbuh terus melatih tim yang mewakili kami. Kami juga terus melakukan pertemuan dengan kelompok tani," sebutnya.

Ke depannya, sambung Depi, tim asah terampil yang akan mewakili Sumbar terus akan diberikan pembinaan dan pelatihan sampai dengan pelaksanaan Penas Tani 2020.

Keikutsertaan tim asah terampil di tingkat nasional dari Payakumbuh merupakan satu keuntungan, sebab peserta dapat mencari ilmu dan pengalaman yang bisa dipakai untuk perkembangan pertanian di Payakumbuh.

"Khususnya untuk pribadi tim asah terampil sendiri, mereka juga dapat membagi pengalaman ke kelompok tani yang ada di Payakumbuh," ujarnya.

Ia mengatakan, ilmu yang akan didapatkan dapat meningkatkan daya saing di era teknologi, baik dari SDM dan produk yang dihasilkan.

"Kita tahu, sumber daya alam di Payakumbuh terbatas. Makanya pertanian yang kita tingkatkan itu pertanian integrasi dengan SDM yang ada di kelompok tani," kata dia.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar