LL Dikti Wilayah X harapkan dosen PTS ajarkan mahasiswa tentang sadar pajak

id Berita Padang, ll Dikti wilayah X

LL Dikti Wilayah X harapkan dosen PTS ajarkan mahasiswa tentang sadar pajak

Kepala LL Dikti Wilayah X Prof Herri (Antara/Laila Syafarud).

Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah X mengharapkan para dosen di perguruan tinggi swasta (PTS) agar mengajarkan mahasiswa tentang kewajiban membayar pajak atau sadar pajak.

Kepala LL Dikti Wilayah X Prof Herri saat dihubungi di Padang, Jumat mengatakan Ristekdikti telah bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk menggalakkan mata kuliah tentang kesadaran bayar pajak atau taat pajak di PTS.

Menurutnya penyampaian nilai-nilai yang berkaitan dengan kesadaran pajak tidak harus melalui pasal atau aturan yang kaku, tapi bisa melalui mata kuliah.

"Diharapkan kesadaran untuk membayar pajak menjadi gaya hidup anak muda kita, malu kita kalau tidak membayar pajak,” kata dia.

Ia mengatakan salah satu tujuan pendidikan tinggi itu ialah menciptakan mahasiswa yang berkarakter.

"Untuk itu pesan pendidikan seperti taat pajak tentu bisa terus disampaikan kepada mahasiswa melalui pengajaran di kampus," ujar dia.

Ia mengharapkan agar PTS terus memfasilitasi mahasiswa untuk menjadi wirausahawan, sehingga ke depan mampu membayar pajak.

Ia menyebutkan 80 persen biaya pembangunan berasal dari pembayaran pajak.

"Jika kita tidak membayar pajak, maka biaya untuk pembangunan tentu berkurang," kata dia.

Ia mengharapkan ke depannya para mahasiswa yang tamat kuliah, sudah menjadi pengusaha dan sudah wajib membayar pajak supaya menjadi orang yang taat membayar pajak.

"Karena sebelumnya kita sudah mengajarkan mereka sewaktu di kampus," kata dia.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar