Wagub berharap korban banjir Solok Selatan mau direlokasi

id nasrul abit,banjir solok selatan,berita solok selatan,solok selatan terkini,berita sumbar,sumbar terkini

Wagub berharap korban banjir Solok Selatan mau direlokasi

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit didampingi Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria saat mendengarkan keluhan korban banjir bandang di Nagari Pakan Rabaa Timur, Jumat (29/11) (Antara Sumbar/Erik IA)

Padang Aro, (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit berharap korban banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan mau direlokasi ke tempat yang lebih aman.

"Memang di lokasi bencana sangat rawan dan nanti akan dinegosiasikan dengan masyarakat untuk direlokasi supaya lebih aman, tetapi tetap memikirkan sumber perekonomian mereka," katanya saat meninjau lokasi banjir bandang di Nagari Pakan Rabaa Timur, Jumat.

Kalau korban banjir bandang mau direlokasi katanya, sumber perekonomian mereka tetap di lokasi saat ini maka tidak ada masalah.

Pemerintah kabupaten diminta segera dibuatkan surat penyerahan tanahnya dan dibuatkan masterplannya untuk diajukan ke BNPB.

Suratnya diharapkan segera dan kalau butuh rekomendasi Provinsi akan dibuatkan.

Dia menyebutkan, setelah menerima keluhan masyarakat mereka meminta sawah sebagai sumber perekonomian diperbaiki.

"Kami sudah dialog dengan masyarakat dan mereka minta sawah diperbaiki sehingga akan diambil langkah-langkah yang akan dilaksanakan," ujarnya.

Sekarang APBD Solok Selatan sudah ketok palu sehingga akan diupayakan pendanaan dari sumber lainnya.

"Ini sumber ekonomi satu-satunya sehingga diambil langkah-langkah perbaikan dan harapan saya perbaikan ini bisa melalui dana BNPB atau Kementerian PU," katanya.

Wagub Nasrul Abit juga menyalurkan bantuan dari Provinsi berupa uang Rp350 juta dari Kementerian Sosial Rp194 juta.

Selain itu juga berupa barang dari Baznas Provinsi 125 kilogram, beras 2,6 tin dan paket dari pertanian serta dari BPBD senilai Rp31 juta. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar