Tiga cabang olahraga Porwanda Sumbar digelar di Kota Padang Panjang

id PWI, Sumbar, Porwanda

Tiga cabang olahraga Porwanda Sumbar digelar di Kota Padang Panjang

Ketua PWI Sumbar Herranof Firdaus membuka pelaksanaan tiga cabang olahraga Porwanda Sumbar 2019 di Kota Padang Panjang, (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang Panjang, (ANTARA) - Sebanyak tiga cabang olahraga yakni catur, billiard dan bulu tangkis dalam Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Porwanda) Sumatera Barat digelar di Kota Padang Panjang pada Jumat (29/11)

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Herranof di Padang Panjang Jumat mengatakan ajang ini juga merupakan seleksi untuk memperkuat Sumatera Barat dalam Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2020.

Ia mengatakan melalui ajang ini diharapkan mampu menghasilkan atlet yang dapat berbicara banyak di ajang Porwanas nantinya.

"Bagi mereka yang lolos harus terus latihan untuk mempersiapkan diri secara maksimal. Ajang ini juga sebagai sarana silaturahim antara wartawan di Sumbar," kata dia.

Sementara itu Ketua Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Sumbar Faisal Budiman mengatakan sebelumnya tiga cabang olahraga telah digelar di Kota Padang yaitu Sepakbola, Tenis Meja dan Atletik pada 16-17 November 2019.

Menurut dia untuk sistem pertandingan akan dijalankan sesuai mekanisme yang ada dan mereka yang lolos adalah yang keluar sebagai yang terbaik.

Ia mengatakan selepas seleksi pihaknya akan mengumumkan atlet terpilih yang akan menjalankan seleksi berjalan selama enam bulan.

"Hasil seleksi berjalan ini yang akan kita berangkatkan ke medan laga," katanya

Ia menekankan ajang Porwanda memang merupakan ajang silaturahmi namun dalam pertandingan atlet harus mengeluarkan kemampuan terbaik mereka.

"Kita ingin mereka yang berangkat adalah yang terbaik karena menargetkan medali dalam iven tersebut," kata dia.

Ketua PWI Padang Panjang Jasriman mengatakan pihaknya sebagai tuan rumah berupaya memfasilitasi seluruh atlet yang bertanding.

Ia mengatakan untuk pertandingan cabang olahraga biliard digelar pada Jumat di Victory Biliiard. Kemudian untuk cabor catur di aula Kantor BPBD Kesbangpol Padang Panjang pada Junat (29/11).

Sementara itu untuk cabor Bulu Tangkis akan digelar pada Sabtu (30/11) di Hall Badminton Bancah Laweh.

"Kita berharap seluruh kegiatan berjalab dengan baik dan mampu menghasilkan atlet sesuai kriteria yang diinginkan," kata dia. (*)