Padang Panjang adakan pemeriksaan HIV/AIDS di Rutan Padang Panjang

id Hari Aids Se-Dunia,Pemeriksaan HIV/AIds,bahaya HIV/Aids,penularan HIV/Aids,penyebab HIV/Aids

Padang Panjang adakan pemeriksaan HIV/AIDS di Rutan Padang Panjang

Pemeriksaan HIV/AIDS di Rutan Padang Panjang. (Foto: Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Hari HIV/AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember 2019, Dinas Kesehatan Padang Panjang menggelar pemeriksaan HIV pada warga binaan di Rutan Kelas II B setempat, Jum'at.

Pemeriksaan dilakukan terhadap 102 warga binaan di rutan tersebut.

Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Padang Panjang Erlina mengatakan dalam memperingati hari HIV/AIDS, selain kegiatan di rutan pemkot setempat juga memberikan penyuluhan pada masyarakat mengenai penyakit tersebut.

Tujuan peringatan Hari AIDS/HIV, ujarnya sebagai pengingat mengenai pentingnya peran dan komitmen negara di dunia dalam upaya penanggulangan penyakit tersebut.

Tema Global Hari AIDS Sedunia 2019 yaitu “Communities Make the Difference”. Tema ini dipilih karena dirasakan komunitas memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pengidap penyakit itu.

Komunitas memimpin dan mendukung pemberian layanan HIV, membela hak asasi manusia, mendampingi dan mendukung rekan-rekan mereka, bekerja di "akar rumput", memimpin dan berkampanye untuk memberikan semangat bagi penderita.

Sementara tema nasional yaitu “Bersama Masyarakat Meraih Sukses!” yang dijadikan sebagai usaha mengajak masyarakat Padang Panjang mewujudkan target "three zero" pada 2030.

Target itu antara lain tidak ada lagi penularan infeksi baru HIV, tidak ada lagi kematian akibat AIDS, dan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi pada orang dengan HIV/AIDS (ODHA).
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar