Wagub Sumbar: UMKM manfaatkan teknologi agar terus berkembang

id umkm sumbar,nasrul abit,perkembangan ukm sumbar

Wagub Sumbar: UMKM  manfaatkan teknologi agar terus berkembang

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat meninjau hasil kerajinan UMKM beberapa waktu lalu. (ANTARA / Ist)

Padang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengingatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk bisa memanfaatkan teknologi untuk produksi dan pemasaran produk.

"Kemajuan teknologi informasi telah membuat dunia usaha berkembang pesat. Persaingan produk dan pemasaran menjadi semakin nyata. UMKM di Sumbar mesti bisa menyesuaikan diri dengan teknologi itu," katanya dihubungi dari Padang, Jumat.

Menurut dia, pelaku usaha yang tidak mau menerima perkembangan teknologi, semakin lama akan semakin tersisih. Hal seperti itu tidak boleh terjadi di Sumbar yang sektor usahanya masih didominasi oleh UMKM.

Selain itu, UMKM harus terus berinovasi menciptakan produk yang unik dan berkualitas sehingga unggul dalam persaingan global.

Sementara itu, secara bersamaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tekait juga harus terus meningkatkan pembinaan yang kepada semua UMKM Sumbar, termasuk mendorong pelaku usaha fasih memanfaatkan kemajuan teknologi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar Zirma Yusri mengatakan terus berupaya memberikan pembinaan kepada UMKM secara berjenjang untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha.

"Kita di provinsi sekarang berwenang untuk membina Usaha Kecil dan Menengah. Sementara untuk usaha mikro, kewenangannya di kabupaten dan kota. Kita bersinergi untuk melakukan pembinaan," ujarnya.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Sumbar menerima penghargaan Paramakarya karena dinilai mampu memajukan UKM di daerah. Penghargaan itu diserahkan Wapres Ma'ruf Amin kepada Wagub Nasrul Abit di Istana Wapres RI Jakarta, Kamis.

Tahun ini Sumbar meraih dua penghargaan Pramakarya yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia. Penghargaan Pramakarya kategori usaha besar PT. Kunango Jantan dan kedua penghargaan pada kategori Usaha kecil Ayesha colection.