Lurah di Pariaman latih pemuda pupuk kreativitas

id lurah pariaman

Lurah di Pariaman latih pemuda pupuk kreativitas

Lurah Kampung Pondok Nurmaini saat membuka pelatihan untuk mengemas kreatifitas bagi pemuda Kelurahan Kampung Pondok di Pariaman, Kamis. (Antara Sumbar/Aadiaat M. S.)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat melatih pemuda di daerah itu bidang kreatif guna memupuk kreativitas.

"Potensi pemuda di Kelurahan Kampung Pondok sangat besar namun perlu diarahkan agar menghasilkan kreativitas yang tidak saja mengangkat nama daerah namun juga pengalaman terhadap dirinya," kata Lurah Kampung Pondok Nurmaini saat membuka pelatihan untuk mengemas kreativitas bagi pemuda Kelurahan Kampung Pondok di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan sejauh ini pemuda di daerah itu sudah melaksanakan kegiatan olahraga dan sejumlah kegiatan lainnya namun perlu ditingkatkan dan divariasikan.

Untuk peningkatan dan variasi tersebut, lanjutnya diperlukan motivasi dan bimbingan dari berbagai pihak.

Bimbingan tersebut tidak saja untuk memupuk kerja sama antarpemuda namun juga menjauhkannya dari penyalahgunaan narkoba serta perbuatan kriminal.

Sejalan dengan itu, Ketua Karang Taruna Kelurahan Kampung Pondok Rahman Latif mengatakan pelatihan ini merupakan kegiatan awal untuk memancing ide pemuda.

"Rencananya kami akan melaksanakan festival yang sasarannya tidak saja untuk menjalin kerja sama antarpemuda namun bidang lainnya di antaranya ekonomi dan promosi daerah," katanya.

Apalagi, lanjutnya kreativitas saat ini dibutuhkan untuk hampir seluruh profesi sehingga diharapkan dengan kegiatan yang dilakukan itu dapat melatih pemuda di daerah tersebut untuk menjadi seorang yang kreatif.

Sementara narasumber pada pelatihan tersebut Ketua Forum Batajau Seni Piaman Muhammad Fadly mengatakan setiap orang memiliki ide dan kreatifitas yang sayangnya jarang untuk direalisasikan.

"Padahal ide-ide tersebut tidak saja dapat mengangkat derajat secara perorangan namun juga daerah," kata dia.

Meskipun ide-ide tersebut, lanjutnya pada awalnya jarang diterima oleh masyarakat namun selama memiliki keyakinan untuk merealisasikannya maka ide itu pun akan berjalan dengan baik.

"Apalagi ide itu disalurkan oleh pemuda secara bersama-sama," ujar dia.

Menurutnya suatu daerah itu memiliki potensi untuk melaksanakan suatu kegiatan kreatif yang dapat mengangkat nama daerahnya masing-masing namun diperlukan kemauan yang kuat dari pemuda di daerat tersebut.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar