Polres Padang Panjang-BPBD gelar rapat koordinasi bahas kebencanaan

id polres padang panjang, BPDB Kesbangpol Padang Panjang,antisipasi bencana

Polres Padang Panjang-BPBD gelar rapat koordinasi bahas kebencanaan

Rapat koordinasi penanggulangan bencana di wilayah hukum Polres Padang Panjang. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Padang Panjang, Sumatera Barat bersama BPDB Kesbangpol Padang Panjang dan BPDB Tanah Datar menggelar rapat koordinasi antisipasi bencana alam dan penanggulangan bencana alam bertempat di Aula Mapolres setempat, Rabu.

Rapat koordinasi bertujuan untuk menjalin komunikasi informasi antara Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang agar saling bantu dalam penanggulan bencana alam.

Kapolres Padang Panjang AKBP Sugeng Hariyadi S.IK dalam arahannya mengatakan musim hujan identik dengan kerawanan banyaknya bencana alam karena itu sikap antisipatif sangat diperlukan.

"Menghadapi datangnya musim hujan tahun ini, yang diperkirakan curah hujannya di atas rata-rata kita harus mempersiapan diri untuk melakukan pengamanan dan penanganan terkait kemungkinan bencana yang akan datang seperti banjir, tanah longsor dan lain sebagainya," katanya.

Dalam hal ini pemerintah di kedua daerah sejak dini harus memersiapkan diri menghadapi kondisi darurat akibat bencana alam yang berkemungkin terjadi.

Sementara itu Kepala BPBD Kesbangpol Padang Panjang Marwilis menyambut baik langkah yang dilakukan oleh Polres Padang Panjang menggelar rapat untuk antisipasi bencana di wilayah hukum instansi tersebut.

Beliau berharap dengan adanya rapat koordinasi itu dapat meningkatkan komunikasi antara sesama satuan penanggulangan bencana alam dalam misi kemanuisian terutama di kedua wilayah yang berdekatan ini.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BPBD Tanah Datar dan organisasi terkait lainnya serta jajaran di Polres Padang Panjang.