KSR PMI Unit Unand Gelar Kegiatan Donor Darah

id ksr pmi unand,organiasasi mahasiswa unand,berita unand,berita padang,berita sumbar

KSR PMI Unit Unand Gelar Kegiatan Donor Darah

Donor Darah KSR PMI UNAND

Padang (ANTARA) - Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Andalas (KSR PMI Unit Unand) adakan kegiatan donror darah pada tanggal 25-26 November 2019 di Area Parkir DPR Universitas Andalas.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka agenda rutin, yang diadakan dua bulan sekali oleh KSR PMI Unit Unand, dan bekerjasama dengan UTD (Unit Transfusi Darah) Kota Padang yang bertemakan Setetes Darah Bernilai Pahala (STARLA).

Ketua Pelaksana Helda Triyanti mengatakan kegiatan ini terbuka untuk umum dan turut mengundang KSR unit sekota Padang, UKM, dan UKMF Unand.

“Untuk persyaratan pendonor lumayan banyak seperti tidak menderita penyakit menular, HB nya harus normal, berat badan minimal 45kg, tidak mengidap penyakit diabetes, hipertensi jantung dan paru, dan tidak mengkonsumsi obat-obatan tertentu,” ujar Helda.

Sebelum melakukan donor darah, pendonor harus melewati beberapa tahap pendataan, calon pendonor menginput data terlebih dahulu, kemudian golongan darah dan Hb diperiksa apakah memungkinkan untuk dilakukan pengambilan darah, dan jika memungkinkan lanjut ke pemeriksaan tensi.

“Petugas medis untuk kegiatan Donor Darah merupakan tim yang diutus dari UTD Kota Padang dan dilaksanakan dari pukul 10 pagi hingga lima sore,” ujar Helda.

Kegiatan ini diadakan untuk perpanjangan tangan UTD Kota Padang menyediakan persediaan darah yang nantinya akan berguna bagi seluruh pasien Rumah Sakit yang ada di Kota Padang

Harapannya dengan ada kegiatan ini pasien yang sedang mencari pendonor bisa tertolong dengan tersedianya stock darah yang ada di UTD Kota Padang.

“Saya untuk ketiga kalinya melakukan donor darah, saya berharap dengan darah yang didonorkan dapat membantu orang yang membutuhkan,” ujar Fauzia salah satu pendonor

Baca juga: Warga Padang mulai beralih dari Premium ke Pertalite (Video)

Baca juga: Padang siapkan 16 lokasi untuk pelaksanaan Penas Tani Nelayan 2020

Baca juga: Kalapas Padang : Terpidana koruptor yang pernah buron huni blok Mapanaling
Pewarta :
Editor: Maswandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar