Bunga bangkai di air terjun Palano

id Bunga Bangkai,Kesatuan Pengelola Hutan Produksi ,KPHP Pesisir Selatan

Bunga bangkai di air terjun Palano

Kepala KPHP Pesisir Selatan, Madrianto. (ANTARA/Didi Someldi Putra)

Painan (ANTARA) - UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mendeteksi keberadaan tiga batang Bunga Bangkai (Amorphophallus Titanum) di Air Terjun Palano, Nagari Lakitan Tengah, Kecamatan Lengayang, daerah setempat.

"Ketiga Bunga Bangkai berada di lokasi yang berbeda tapi masih dalam kawasan objek wisata Air Terjun Palano, Nagari Lakitan Tengah," kata Kepala KPHP Pesisir Selatan, Madrianto di Painan, Senin.

Hanya saja, tambahnya, ketiga bunga yang dilindungi tersebut masih dalam tahap fase vegetatif dan selanjutnya secara bertahap masuk fase generatif.

Ia menjelaskan sesuai dengan fase saat ini, di atas umbi bunga tumbuh batang tunggal yang daunnya menyerupai daun pepaya.

Selanjutnya, setelah batang tunggal dan daun bunga layu, maka umbi yang tersisa di dalam tanah memunculkan bunga yang menggantikan batang dan daun, fase ini dikenal dengan fase generatif.

"Dari fase saat ini hingga ke mencapai fase generatif membutuhkan waktu lebih kurang empat tahun, namun dengan catatan batangnya tidak boleh ditebang atau dirusak," katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Seksi Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan, KPHP Pesisir Selatan, Hendrio Fadly menyebutkan ditemukannya Bunga Bangkai bermula dari kegiatan identifikasi potensi di objek wisata yang melibatkan peneliti dan mahasiswa dari Universitas Andalas.

"Identifikasi potensi merupakan bagian yang terpisahkan dari kegiatan desain tapak yang merupakan tahapan lanjutan dari pengembangan objek wisata Air Terjun Palano," jelasnya.

Meminimalkan bunga-bunga bangkai itu mati atau rusak, baik disengaja atau tidak, pihaknya bersama dengan masyarakat sekitar telah memagari lokasi tumbuhnya.

Ia meyakini keberadaan bunga bangkai akan menjadi magnet tambahan bagi wisatawan untuk datang ke lokasi, selain juga karena keindahan air terjun objek wisata Air Terjun Palano.