Tingkatkan daya saing pasar, pengusaha IKM Payakumbuh diminta melek teknologi

id Wal Asri,IKM Payakumbuh,berita Payakumbuh,Payakumbuh terkini,berita sumbar,sumbar terkini

Tingkatkan daya saing pasar, pengusaha IKM Payakumbuh diminta melek teknologi

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh, Wal Asri. (Antara/Etri Saputra)

Payakumbuh, (ANTARA) - Pengusaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat didorong menguasai teknologi untuk memudahkan dan meningkatkan daya saing di pasaran.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh, Wal Asri di Payakumbuh, Senin, mengatakan pengusaha IKM harus segera masuk ke ranah digital agar dapat bersaing pada era revolusi Industri.

"Kita perlu merambah ke arah digitalisasi demi meningkatkan pasar yang lebih luas agar pelaku IKM dapat bersaing dan meningkatkan ekonomi," katanya.

Ia mengatakan sejauh ini sudah ada sekitar 112 produk dari sekitar 1.800 IKM di Kota Payakumbuh yang dipasarkan secara online, seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan lainnya.

Pemasaran tersebut dilakukan dengan pembinaan berbasis sentra, di antaranya sentra makanan ringan, sentra industri rendang, sentra kakao, dan sentra tenun balai panjang.

Salah seorang pengusaha IKM randang di Kota Payakumbuh Titin Risti Atmala Sari, mengatakan untuk menjangkau pasar yang lebih luas melalui online, perlu membuat kemasan yang menarik.

Dengan kemasan yang menarik dinilai mampu meningkatkan daya jual dan daya saing produk di pasaran. (*)