Puluhan personel dikerahkan tangani pembersihan material longsor di sejumlah titik

id Longsor kabupaten solok,berita solok,solok terkini,berita sumbar,sumbar terkini

Puluhan personel dikerahkan tangani pembersihan material longsor di sejumlah titik

Kondisi longsor di Nagari Sariak Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti. (Ist)

Arosuka, (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, Sumatera Barat menurunkan 25 personel dibantu TNI, Polri, Basarnas, dan masyarakat untuk menangani serta membersihkan material di sejumlah titik longsor di daerah setempat.

"Personel Tim Reaksi Cepat (TRC) sudah kami bagi untuk beberapa titik, 10 personel sebelumnya kami kerahkan untuk pencarian warga yang hilang di Alahan Panjang dan 15 lainnya di beberapa titik longsor," kata Kepala BPBD Kabupaten Solok, Armen di Koto Baru, Senin.

Ia menyebutkan personel yang ada dibagi ke beberapa titik longsor seperti di Nagari Sariak Alahan Tigo, Kecamatan Lembah Gumanti dan kawasan Singkarak.

"Untungnya, kami cepat dibantu oleh TNI, Polri dan masyarakat. Jadi beberapa kondisi jalan bisa dilalui walau dengan motor dan cukup terlambat," ujarnya.

Menurutnya, hingga kini akses jalan masyrakat terganggu dan terhambat. Salah satunya, longsor yang melanda Nagari Aripan menutupi sebagian besar jalan, sehingga hanya bisa dilewati kendaraan roda dua dengan cukup lambat.

Masyarakat setempat dan TNI saling bahu membahu membantu pengendara motor untuk melewati jalan tersebut.

Selain itu, di Kayu Jao, Kecamatan Gunung Talang ada rumah tertimpa longsor.
Kondisi rumah yang terkena longsor di Kayu Jao, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. (ist)


Menurut data dari camat setempat, belum ada data keluarga yang terdampak langsung bencana longsor tersebut. Hingga kini masih dilakukan pendataan, verifikasi dan investigasi di lapangan.

Sebelumnya, terjadi longsor di beberapa titik di Kabupaten Solok, yaitu di jalan Talang, Sarik Alahan Tigo ada tiga titik, yaitu di tikungan bukit sebelum akses bendung, di tikungan ke kiri bukit batu dari Talang dan bekas longsor di rumah Andaleh.

Ia menjelaskan kemudian titik lainnya di Kecamatan X Koto Singkarak ada empat titik salah satunya di Nagari Aripan, Jorong Kayu Jao, Kecamatan Gunung Talang.

Kemudian di Kecamatan Hiliran Gumanti ada tiga titik longsor lainnya.

Pihak BPBD akan berkoordinasi dengan dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk penanganan lebih lanjut dan pembersihan badan jalan. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar