Longsor terjadi di beberapa titik di Kabupaten Solok, akses lalu lintas terganggu

id Longsor Kabupaten Solok,berita solok,solok terkini,berita sumbar,sumbar terkini

Longsor terjadi di beberapa titik di Kabupaten Solok, akses lalu lintas terganggu

Akses warga terganggu akibat longsor dan banjir di Kecamatan X Koto Singkarak, Senin pagi. (Ist)

Arosuka, (ANTARA) - Longsor terjadi di beberapa titik di Kabupaten Solok, yaitu di Jalan Talang, Nagari Sariak Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, di Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, dan di Kayu Jao, Kecamatan Gunung Talang.

"Informasi sementara longsor di jalan Talang, Sarik Alahan Tigo ada tiga titik, yaitu di tikungan bukit sebelum akses bendung, di tikungan ke kiri bukit batu dari Talang dan bekas longsor di rumah Andaleh," kata Kepala BPBD Kabupaten Solok, Armen di Koto Baru, Senin.

Ia menjelaskan longsor yang terjadi di Kecamatan X Koto Singkarak ada empat titik salah satunya di Nagari Aripan. Selain itu, di Kayu Jao, Kecamatan Gunung Talang ada rumah tertimpa longsor.

Banjir di Kecamatan X Koto Singkarak, Senin pagi. (Ist)


Kemudian di Kecamatan Hiliran Gumanti ada tiga titik longsor.

Menurutnya, hingga kini akses jalan lalu lintas masyarakat terganggu dan terhambat di beberapa lokasi. Longsor yang melanda nagari Aripan menutupi sebagian besar jalan, sehingga hanya bisa dilewati kendaraan roda dua dengan cukup lambat.

Masyarakat setempat dan TNI saling bahu membahu membantu pengendara motor untuk melewati jalan tersebut.

Pihak BPBD akan berkoordinasi dengan dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk penanganan lebih lanjut dan pembersihan badan jalan. (*)