Pariaman bangun "WaterfrontCity" senilai Rp8,3 miliar, ditarget tuntas Desember 2019

id kota tepi air pariaman,pariaman terkini,berita pariaman,berita sumbar,sumbar terkini

Pariaman bangun "WaterfrontCity" senilai Rp8,3 miliar, ditarget tuntas Desember 2019

Kondisi penataan "waterfront city" atau kota tepi air di Desa Pauh, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumbar yang dananya berasal dari APBN senilai Rp8,3 miliar. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S.)

Pariaman, (ANTARA) - Pemkot Pariaman, Sumatera Barat memperoleh dana sebesar Rp8,3 miliar dari pemerintah pusat untuk membangun Kota Tepi Air atau "WaterfrontCity" di Desa Pauh, Kecamatan Pariaman Tengah guna menambah daya tarik pariwisata di daerah itu.

"Saat ini kami sedang fokus untuk membangun Kota Pariaman menjadi "Waterfront city" yang salah satu lokasinya di Desa Pauh," kata Genius Umar di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan pembangunan tersebut telah berjalan sejak beberapa bulan lalu, dan ditargetkan selesai pertengahan Desember 2019.

Konsep kota tepi air yang dikembangkan di Pariaman yaitu pembangunan trek joging dan sepeda, agar warga dan wisatawan dapat menikmati keindahan penataan kota serta alam daerah tersebut sambil berolahraga.

"Jadi di pinggiran seluruh sungai yang ada di Pariaman nanti akan kami bangun trek joging dan sepedanya," katanya.

Selain pembangunan kota tepi air di Desa Pauh, lanjutnya pihaknya saat ini juga membangun konsep tersebut di sejumlah lokasi lainnya yang pembangunannya melalui APBD serta dibantu oleh pihak PLN.

"Harapannya pembangunan "waterfront city" di Kota Pariaman diresmikan presiden saat peringatan Hari Nusantara Nasional yang diselenggarakan di Pariaman pada 13 Desember nanti," ujarnya.

Selain itu ia juga berharap Pariaman juga menjadi percontohan nasional untuk pembangunan kota tepi air seiring dengan gencarnya pembangunan yang dilakukan pihaknya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pariaman meminta bantuan pemerintah pusat untuk membangun "waterfront city" guna menambah daya tarik pariwisata di daerah itu.

"Beberapa waktu lalu saya meminta langsung kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk dapat membantu mewujudkan 'waterfront city," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Rabu (3/4).

Menteri Basuki Hadimuljono berjanji tahun ini akan membantu pembangunan "waterfront city" di Kota Pariaman.

Ia menyebutkan lokasi sungai yang akan dijadikan lokasi waterfront city di daerah itu yaitu mulai dari Muaro Pariaman lalu diteruskan ke arah Kampung Baru dan kawasan Pauh. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar