Bupati Hendrajoni sebut Niniak Mamak miliki peran strategis dalam pembangunan

id Painan

Bupati Hendrajoni sebut Niniak Mamak miliki peran strategis dalam pembangunan

Bupati Hendrajoni dan Gusmardi Datuak Rangkayo Basa (tengah). (Istimewa)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menyebut niniak mamak memiliki peran strategis dalam menyokong pembangunan daerah di segala sektor.

"Jabatan niniak mamak merupakan jabatan yang istimewa, dengan jabatan yang diembannya niniak mamak memiliki ruang yang tidak terbatas dalam menyokong pembangunan," kata Bupati Hendrajoni usai menghadiri pelewaan gelar Datuak Rangkayo Basa kaum Panai Lundang Tampunik, Nagari Kambang Timur di Lengayang, Minggu.

Menurutnya pembangunan tanpa sokongan niniak mamak akan hambar dan begitu sebaliknya, pembangunan yang mendapat sokongan niniak mamak akan bernilai tinggi bahkan melebihi dari target.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengungkap bahwa niniak mamak memiliki peran yang strategis dalam menekan berbagai permasalahan sosial kemasyarakatan seperti perjudian, penyalahgunaan narkoba dan lainnya.

"Niniak mamak tidak memiliki batasan dalam mencegah terjadinya hal-hal tersebut, sehingga keberadaan niniak mamak juga strategis dalam meminimalkannya," katanya lagi.

Sebagai kepala daerah dan sebagai niniak mamak yang bergelar Datuak Bando Basau ia menekankan idealnya niniak mamak meneladani sikap-sikap mulia Nabi Muhammad.

"Niniak mamak tidak hanya menjadi panutan keluarganya, namun ia juga menjadi panutan keponakan dan kaumnya bahkan masyarakat nagari, sehingga sikap-sikap mulia Nabi Muhammad perlu diteladani," ungkapnya.

Sementara itu, Gusmardi Datuak Rangkayo Basa mengucapkan terimakasih atas kesediaan bupati menghadiri acara sakral di kaumnya.

"Saya atas nama pribadi, Datuak Rangkayo Basa dan kaum Panai Lundang Tampunik mengucapkan terimakasih atas kesediaan Bupati Hendrajoni menghadiri acara ini," ujarnya.

Pihaknya mengaku akan menyokong berbagai pembangunan yang telah dimulai dan akan dilaksanakan oleh Bupati Hendrajoni serta siap memberi masukan yang konstruktif dalam pelaksanaanya.

Selain dihadiri oleh Bupati Hendrajoni pelewaan gelar Datuak Rangkayo Basa kaum Panai Lundang Tampunik juga dihadiri Camat Lengayang, Zoni Eldo, tokoh masyarakat dan tokoh adat di Kecamatan Lengayang dan Sutera.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar