Pemkab jamin ketersediaan gas bersubsidi hingga akhir tahun di Agam

id Agam

Pemkab jamin ketersediaan gas bersubsidi hingga akhir tahun di Agam

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Agam, Nelfia Fauzana. (ANTARA/ Yusrizal)

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam Sumatera Barat menjamin ketersediaan gas bersubsidi 3 kilogram hingga akhir tahun dan memastikan tidak terjadi kelangkaan di daerah itu

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Agam, Nelfia Fauzana di Lubukbasung, Minggu, mengatakan kuota elpiji tiga kilogram di Agam pada 2019 sebanyak 3.445.000 tabung atau 787.000 tabung per hari.

"Saat ini kuota masih tersedia dan mencukupi sampai akhir tahun nanti," katanya.

Ia mengatakan apabila kuota habis maka pihaknya akan menghubungi PT Pertamina untuk melakukan operasi di daerah tersebut.

Operasi pasar itu dilakukan berdasarkan keluhan warga dan surat permintaan dari pemerintah nagari atau desa adat.

"Pertamina siap melakukan operasi apabila terjadi kelangkaan nantinya dan ini komitmen dari perusahaan milik negara itu," katanya.

Ia menambahkan, pemerintah daerah setempat mempunyai wewenang melakukan pengawasan sampai tingkat pangkalan.

Jika ditemukan pelanggaran pangkalan baik dalam pola distribusi dan kenaikan harga, pemerintah daerah akan menyurati pihak PT Pertamina dengan menembuskan surat itu ke Himpunan Swasta Nasional Minyak dan Gas Bumi.

"Kami akan menyurati PT Pertamina dalam menyikapi kesulitan itu. Tim Pertamina, Himpunan Swasta Nasional Minyak dan Gas Bumi akan turun ke Agam," katanya.

Harga eceran tertinggi (HET) elpiji tiga kilogram Rp17.000 per tabung sesuai Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 95 tahun 2014 tentang harga eceran tertinggi liquefied petroleum gas tabung tiga kilogram di tingkat pangkalan. (*)