Bawaslu Kota Solok gelar raker pengelolaan website dan media informasi bentuk website Bawaslu

id bawaslu solok, berita sumbar, badan pengawas pemilu

Bawaslu Kota Solok gelar raker pengelolaan website dan media informasi bentuk website Bawaslu

Rapat kerja (Raker) pengelolaan website dan media informasi Bawaslu Solok (Antara/Istimewa)

Solok (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solok, Sumatera Barat menggelar rapat kerja (Raker) pengelolaan website dan media informasi di Solok, Kamis, (21/11) guna membentuk website Bawaslu sehingga memudahkan masyarakat mengakses informasi.

"Dengan adanya website Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu), masyarakat akan lebih mudah lagi untuk mendapatkan informasi tentang tugas dan fungsi dari badan pengawas," kata Ketua Bawaslu Kota Solok, Tri Ati di Solok, Kamis .

Menurutnya Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu dituntut untuk dapat menyampaikan semua informasi terkait tupoksi dan kinerja menggunakan website dan media sosial.

Dan bagi masyarakat bisa mengakses melalui website Bawaslu Kota Solokwww.solokkota.bawaslu.go.id.

Tri Ati melalui Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Pemilu Rafiqul Amin menyampaikan seiring perkembangan teknologi informasi, maka informasi saat ini beredar dengan cepatnya.

Seiring dengan hal itu pun, keterbukaan informasi dengan azas cepat dan tepat sangat dibutuhkan demi mengantisipasi beredarnya hoaks.

Apalagi saat ini, kecenderungan masyarakat menggunakan telepon pintar dan semua informasi lebih mudah diakses, kapan dan dimana saja dengan internet semakin membuat akses informasi begitu mudah tanpa filter.

Dalam kegiatan ini, Bawaslu Kota Solok menghadirkan narasumber Budi Santosa dengan materi terkait kinerja Bawaslu.

Kemudian narasumber Kepala Dinas Kominfo yang di wakili oleh Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Persandian Feri Agriadi dengan materinya terkait peran Kominfo dalam sinergi pengembangan website.

Sementara, pemateri dari unsur wartawan yang disampaikan Rijal Islami memaparkan terkait trik dan keidah pembuatan berita.

Sementara itu, Bawaslu Provinsi Sumbar melalui Kordiv Pencegahan Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Vifner mengatakan sangat diperlukan pengelolaan website dan pengeloaan media informasi, dalam upaya menambah wawasan terkait media dan penyebaran informasi dalam pengawasan melalui Website Bawaslu.

"Karena masyarakat sekitar berhak mengetahui setiap tahapan- tahapan kinerja yang dilaksanakan oleh Bawaslu, terlebih tahun depan Kota Solok memasuki masa pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota," katanya.

Vifner mengungkapkan tidak hanya melalui website semata Bawaslu juga harus melibatkan rekan-rekan media seperti media cetak, online, elektronik, dalam keterbukaan informasi baik itu tahapan pemilu sudah mencapai mana, karena untuk publikasi Bawaslu juga memiliki anggaran.

Dengan sinergitas yang bagus melalui media ini, Bawaslu bisa menyampaikan informasi dengan benar sesuai dengan data yang akurat, sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Sehingga keinginan kita dalam mensukseskan pemilu ini menuju partisipasi masyarakat yang tinggi, lebih mudah tercapai," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar