Payakumbuh sosialisasikan bursa tenaga kerja upaya ciptakan SDM handal

id Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian,Erwin Yunaz,tenaga kerja payakumbuh,berita payakumbuh

Payakumbuh sosialisasikan bursa tenaga kerja upaya ciptakan SDM handal

Ratusan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Payakumbuh mengikuti sosialisasi bursa tenaga kerja di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh. (Antara/Etri Saputra)

Payakumbuh, (ANTARA) - Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mengikuti sosialisasi bursa tenaga kerja yang diadakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian kota setempat, Jum'at.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Wal Asri di Payakumbuh, mengatakan sosialisasi itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang informasi bursa tenaga kerja bagi pelajar dalam menciptakan generasi siap pakai dan berkompeten dalam dunia usaha.

"Kami berkomitmen untuk mengurangi angka pengangguran di Payakumbuh dengan membangun SDM yang berkualitas dan memiliki daya saing," katanya.

Untuk menghasilkan tenaga kerja yang siap pakai tersebut Pemkot Payakumbuh juga bekerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kapasitas, kualitas, dan daya saing angkatan kerja dalam dunia kerja.

Salah satunya dengan melakukan kerja sama di bidang perhotelan dan pariwisata dengan Politeknik Sahid Jakarta, dan telah beberapa kali mengirimkan tenaga kerja ke Luar negeri.

Selain itu ada juga untuk penempatan kerja ke luar provinsi, yakni ke PT Padma Soode di Bekasi dan penempatan tenaga kerja ke kawasan industri Cikarang.

Sementara Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz mengatakan, melalui sosialisasi bursa kerja itu terkandung nilai-nilai strategis yang berdampak terhadap motivasi tenaga kerja yang terampil dan berorientasi.

Ia berharap dengan sosialisasi bursa kerja tersebut akan terus menekan angka pengangguran di Kota Payakumbuh, serta menciptakan kualitas yang handal.