20 IKM selesai pelatihan bisnis dengan Sahabat UMKM

id Sahabat UMKM,Fadly Amran,Berita Padang Panjang

20 IKM selesai pelatihan bisnis dengan Sahabat UMKM

Peserta terbaik pelatihan IKM di Padang Panjang (Dok. Diskominfo)

Padang Panjang (ANTARA) - Sebanyak 20 industri kecil menengah (IKM) di Padang Panjang, Sumatera Barat telah menyelesaikan empat bulan pelatihan bisnis bersama lembaga Sahabat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran di Padang Panjang, Jumat, mengatakan pelatihan bisnis bersama Sahabat UMKM memberikan hasil lebih baik dalam upaya membantu percepatan perkembangan IKM di daerah tersebut.

Ia menerangkan pemerintah setempat memiliki program Rumah Wirausaha untuk membantu pengembangan IKM dan meningkatkan daya saing. Dengan dukungan pelatihan dari Sahabat UMKM sejak Juni 2019 diharapkan bisa memberikan hasil lebih baik karena peserta juga dituntut mempraktikkan materi yang diperoleh dan dievaluasi.

"Setelah ada pelatihan semoga pelaku IKM yang terlibat memiliki kepercayaan diri yang lebh baik dalam menjalankan usaha. Bekal itu penting untuk menjaga semangat dan belajar mengembangkan produk serta memahami selera pasar," katanya.

Sekretaris Jendral Sahabat UMKM Faisal Hasan Basri mengatakan selama empat bulan, 20 pelaku IKM dibekali dengan pengetahuan mengenai tata kelola keuangan, mengatur produksi, pengembangan produk dan cara pemasaran, informasi akses permodalan serta tata cara menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk menguatkan produksi dan pasar.

Materi yang diberikan tersebut merupakan kendala umum yang kerap ditemui para pelaku usaha ketika akan memulai dan saat sudah menjalankan usaha.

"Kehadiran Sahabat UMKM semoga bisa membantu menambah semangat pelaku IKM menjalankan usaha, lebih mandiri dan percaya diri sehingga tidak gampang menyerah dengan persaingan di dunia usaha saat ini," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar