KPHP gelar konsultasi publik dua wisata alam

id Kesatuan Pengelola Hutan Produksi

KPHP gelar konsultasi publik dua wisata alam

Kegiatan konsultasi publik desain tapak dua objek wisata alam dibawah binaan UPTD KPHP Pesisir Selatan. (ist) (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Painan (ANTARA) - UPTD Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Kabupaten Pesisir Selatan, Dinas Kehutanan Sumatera Barat menggelar konsultasi publik desain tapak dua objek wisata alam di bawah binaannya dengan melibatkan pihak-pihak terkait, Kamis.

"Objek wisata alam tersebut yakni Air Terjun Palano Lakitan Tengah, Kecamatan Lengayang dan Air Terjun Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir," kata Kepala UPTD KPHP Pesisir Selatan, Madrianto disela kegiatan itu, di Painan.

Sementara pihak-pihak yang dilibatkan ialah akademisi dari Universitas Andalas, Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) yang merupakan pihak pengelola, tokoh masyarakat, dan pejabat dari pemerintah kabupaten.

"Melalui uji publik ini kami berharap desain tapak yang dibuat lebih sempurna dan maksimal," imbuhnya.

Ia menjelaskan dengan adanya desain tapak akan lebih mempertegas antara ruang usaha dan ruang publik sehingga kawasan pada kedua objek wisata lebih tertata.

"Khusus di ruang publik sesuai dengan namanya memang diperuntukan bagi publik, tidak ada aktivitas pembuatan kios-kios berdagang dan kegiatan lainnya yang berpotensi mengganggu, contoh ruang publik ini ialah gerbang masuk, tempat parkir dan lainnya," jelasnya.

Ia menyebutkan kedua objek wisata baik Air Terjun Palano Lakitan Tengah maupun Air Terjun Pelangai Gadang memiliki keunikan tersendiri.

"Keduanya memang sama-sama menyajikan keindahan air terjun namun tampilannya berbeda, dan antara satu dengan yang lainnya memiliki keunikan tersendiri," katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo yang juga hadir dalam kesempatan itu mengatakan, dengan nanti semakin eksisnya kedua objek wisata maka akan memberi tambahan warna bagi dunia kepariwisataan daerah setempat.

"Pesisir Selatan memang layak dijuluki sebagai negeri sejuta pesona, hal tersebut karena alam daerah ini menyajikan keindahan yang luar biasa, tidak hanya menyajikan keindahan laut yang lengkap dengan pasir dan pulau-pulau kecilnya, namun di beberapa lokasi juga terdapat air terjun yang cantik," sebutnya lagi.