Dinas PUPR Kota Padang targetkan penyelesaian trotoar hingga Desember 2019

id Berita Padang, Dinas PUPR Kota Padang,pembangunan trotoar

Dinas PUPR Kota Padang targetkan penyelesaian trotoar hingga Desember 2019

Dinas PUPR Kota Padang targetkan penyelesaian trotoar hingga Desember 2019

Padang (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Padang, Sumatera Barat, menargetkan pembangunan trotoar selesai pada pertengahan Desember 2019.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Padang Fadelan Fitra Masta di Padang, Kamis mengatakan pembangunan trotoar tahun ini dilakukan di beberapa titik seperti di Jalan Khatib Sulaiman, Gajah Mada, Kampung Nias, Tarandam, Sawahan, Jalan Thamrin, Veteran, Rawang, KIS Mangun Sarkoro, Jalan S. Parman, Pasar Alai, Simpang Aru, dan Jalan Raya Siteba.

"Pembangunan trotoar hampir selesai dikerjakan, seperti di Sawahan sudah bisa digunakan," ujar dia.

Ia juga berharap target penyelesaian pembangunan trotoar tersebut bisa tercapai di pertengahan Desember 2019.

Selain itu ia juga mengatakan di tahun depan pembangunan trotoar akan dilanjutkan dari Khatib Sulaiman nomor 48A, Ulak Karang, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat sampai ke depan Masjid Raya Sumbar.

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di 2014 hingga 2019 pembangunan trotoar ditargetkan 44 kilometer.

"Sekarang pencapaiannya sudah mencapai 44,2 Kilometer," kata dia.

Ia juga mengatakan tujuan membangun trotoar selain merapikan tata kota juga memberikan kenyamanan kepada warga berjalan kaki.

Di samping itu juga memberikan tempat untuk beristirahat dengan penyediaan bangku di selasar trotoar.

"Selain itu pembangunan trotoar juga memperhatikan para penyandang disabilitas dengan menyediakan jalur pemandu," kata dia.

Selain itu ia juga mengatakan dalam pembangunan trotoar pihaknya melibatkan teman-teman dari persatuan penyandang disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Padang seperti dalam bentuk diskusi dan uji coba.

" Selain itu juga disediakan Ramp sebagai fitur pengganti tangga, biasanya digunakan untuk memudahkan para lansia dan penyandang disabilitas atau pengguna kursi roda yang berjalan di trotoar," kata dia menerangkan.