Belanda pesta gol tapi tetap tertahan di posisi dua klasemen

id kualifikasi piala eropa 2020,timnas belanda,georginio wijnaldum,piala eropa 2020,sepakbola eropa,Ronald Koeman

Belanda pesta gol tapi tetap tertahan di posisi dua klasemen

Dokumentasi: Pahlawan kemenangan tim nasional Belanda atas Belarusia, Georginio Wijnaldum (kedua kanan), diselamati rekan-rekannya selepas pertandingan lanjutan Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Dinamo, Minks, Belarusia, Minggu (13/10/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Vasily Fedosenko)

Jakarta (ANTARA) - Timnas Belanda mengakhiri Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan pesta lima gol ke gawang Estonia di Johan Cruijff Arena, Rabu WIB, dengan tiga gol di antaranya dicetak oleh Georginio Wijnaldum.

Meski memang telak 5-0, Belanda yang ditangani Ronald Koeman itu tetap bertahan di posisi dua klasemen Grup C dengan perolehan 19 poin. Hal tersebut terjadi karena sang rival yaitu Jerman meraih kemenangan atas 6-1 atas Irlandia Utara dan tetap bertengger di puncak dengan 21 poin.

Baik Belanda maupun Jerman merupakan wakil Grup C yang lolos ke babak berikutnya setelah poin yang diraih meninggalkan tim yang lain yaitu Irlandia Utara 13 poin, Belarusia 4 poin dan Estonia 1 poin, demikian lapor laman UEFA.

Meski pertandingan pamungkas kualifikasi tidak terpengaruh dengan kelolosan ke babak berikutnya, tuan rumah Belanda tetap bermain dengan agresif. Hasilnya Wijnaldum mampu membuka keunggulan untuk timnya pada menit keenam melalui sundulan.

Unggul 1-0 memacu semangat pemain tim tuan rumah. Terbukti sepuluh menit kemudian Nathan Ake mencatatkan namanya di papan skor setelah mampu menyelesaikan dengan baik umpan dari Memphis Depay. Belanda akhirnya unggul 2-0 dan bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, dominasi Belanda terus terjadi meski Estonia juga memberikan perlawanan yang sengit. Hanya saja upaya yang dilakukan belum membuahkan hasil. Justru Belanda mampu menambah keunggulan pada menit 66 lewat Wijnaldum setelah mendapatkan umpan dari Calvin Stengs.

Tidak sampai situ, Wijnaldum terus memberikan kontribusinya dengan mencetak gol ketiganya pada menit 78 usai kembali menerima umpan manis dari Calvin Stengs dan gol penutup Belanda dicetak oleh Myron Boadu pada menit 87 setelah meneruskan umpan Kevin Strootman. Tim tuan rumah menang telak 5-0.

"Ini adalah malam yang luar biasa bagi tim kami. Kami mendapatkan hasil yang terbaik. Kami akui babak kedua kami bermain lebih baik dari babak pertama. Kami juga memberikan kesempatan pada pemain baru dan pemain muda tampil. Hasilnya bisa maksimal," kata pelatih Belanda Ronald Koeman.

Berikut susunan pemain kedua tim :

Belanda: Jasper Cillessen, Quincy Promes, Matthijs De Ligt, Nathan Ake, Patrick Van Aanholt, Davy Propper, Georginio Wijnaldum, Frenkie De Jong (Kevin Strootman 75'), Memphis Depay (Myron Boadu 46'), Luuk De Jong (Wout Weghorst 63'), Calvin Stengs.

Estonia: Sergei Lepmets, Ken Kallaste, Karol Mets, Joonas Tamm, Taijo Teniste (Nikita Baranov 61'), Ilja Antonov, Mihkel Ainsalu, Henrik Ojamaa (Mattias Kaeit 83'), Konstantin Vassiljev, Sergei Zenjov (Frank Liivak 76'), Erik Sorga.