Kota Solok raih Swasti Saba Wistara penghargaan kota sehat untuk ketiga kalinya

id penghargaan kota sehat,Swasti Saba Wistara ,kota solok

Kota Solok raih Swasti Saba Wistara penghargaan kota sehat untuk ketiga kalinya

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyerahkan penghargaan Kota Sehat predikat Swasti Saba Wistara ke Wakil Wali Kota Solok, Reinier di Jakarta, Selasa. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

​​​​​​​Jakarta,  (ANTARA) - Pemerintah Solok (Pemkot), Sumatera Barat, menerima penghargaan Swasti Saba Wistara (Pengembangan) karena lolos verifikasi dokumen dan lapangan pada 6 dan 7 Agustus 2019 dalam peringatan Kesehatan Nasional Ke-55 pada 2019 di Jakarta, Selasa.

Penghargaan ini yang diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Solok Reinier dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di ruang Sasana Bhakti Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

"Kota sehat secara sederhana sebagai kota yang situasi dan kondisinya menjamin seluruh penduduknya agar dapat melaksanakan tugas dan aktivitas masing-masing dengan perasaan aman, nyaman, sehat sehingga berjalan dengan baik dan produktif," kata Wakil Wali Kota Solok, Reinier.

Menurutnya, Kota Solok juga memiliki keinginan merancang kotanya menjadi "Healthy City" atau Kota Sehat, hal ini sejalan dengan peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan No. 34/2005 dan No.1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kabupaten atau Kota Sehat.

"Untuk menyamakan pendapat, pandangan dan menyatuka langkah antara pemerintah dan masyarakat menuju Kota Solok sehat perlu dibentuk Forum Kota Sehat, Forum Kecamatan sehat dan lainnya," ujarnya.

Forum ini diharapkan mampu menjembatani, menjalin kerja sama antar masyarakat, pemerintah dan swasta serta dapat menampung aspirasi masyarakat dan kebijakan pemerintah secara seimbang dan berkelanjutan.

Pada 2011 tingkat perkembangan Kota Solok Kota Sehat telah dievalusi dan memperoleh penghargaan Swasti Saba Padapa, kemudian 2013 memperoleh penghargaan Swastisaba Wiwerda dilanjutkan pada 2015 berhasil meraih penghargaan Swastisaba Wistara untuk pertama kalinya.

Pada 2017 tingkat perkembangan Kota Solok Kota Sehat telah dievaluasi dan kembali memperoleh predikat Swastisaba Wistara untuk kedua kalinya.

Pada tahun 2019, Kota Solok kembali memperlihatkan pembangunan yang telah dilaksanakannya dan berharap dapat dibina, dinilai, dievaluasi terhadap kegiatan yang telah dilakukan selama 2017 – 2018.

Sehingga dapat mempertahankan penghargaan Swastisaba Wistara yang merupakan penghargaan tertinggi untuk kota sehat untuk yang ketiga kalinya.

Kota Solok telah mengembangkan tatanan kawasan permukiman sarana dan prasarana sehat, kehidupan masyarakat sehat mandiri, kawasan tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi.

Selain itu, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan sosial sehat dan pariwisata sehat, tatanan kawasan perkantoran dan perindustrian sehat.

"Terima kasih atas dukungan seluruh lapisan masyarakat, berbagai pihak serta peran aktif Forum Kota Sehat sehingga mampu mempertahankan predikat Wistara yang merupakan predikat tertinggi dalam penilaian Kabupaten atau Kota Sehat," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar