DPK Padang Panjang gulirkan buku untuk tingkatkan minat baca

id Kota literasi,Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,Padang Panjang

DPK Padang Panjang gulirkan buku untuk tingkatkan minat baca

Dinas Perpustakaan dna Kearsipan Padang Panjang melaksanakan program menggulirkan buku ke lokasi-lokasi ramai . (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Padang Panjang, Sumatera Barat mengadakan program menggulirkan buku ke lokasi-lokasi ramai untuk meningkatkan minat baca masyarakat daerah setempat.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Padang Panjang Joni Aldo di Padang Panjang, Selasa, mengatakan pengguliran buku dilakukan dalam kurun satu bulan di suatu lokasi kemudian diganti dengan buku-buku baru.

"Dalam satu kali diserahkan 100 judul buku. Hari ini diserahkan ke Rumah Makan Pondok Baselo Baramas, setelah satu bulan buku tersebut akan digulirkan ke lokasi lain dan di sini diganti dengan buku baru lagi," terangnya.

Ia mengatakan buku-buku yang digulirkan diharapkan menumbuhkan motivasi bagi masyarakat untuk membaca karena aktivitas itu berguna untuk menambah wawasan dan membantu mengembangkan potensi diri.

Sebelumnya, ujarnya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sudah melakukan program serupa ke taman baca masyarakat (TBM) yang dibuka di rumah-rumah warga dan saat ini langkah tersebut dikembangkan menyasar lokasi-lokasi yang ramai dikunjungi masyarakat.

Ia menargetkan pihaknya dapat menyediakan buku-buku yang tidak sekadar penambah wawasan saja namun informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk meningkatkan perekonomian.

"Sedapat mungkin buku yang disediakan sesuai kebutuhan masyarakat misalnya buku bidang pertanian, buku panduan membuat kerajinan, makanan dan lainnya. Informasinya bermanfaat sebagai inspirasi untuk menambah penghasilan," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar