Balai Bahasa sosialisasi penggunaan bahasa bagi media dan percetakan di Payakumbuh

id Balai Bahasa Sumatera Barat,penyuluhan pengunaan bahasa,payakumbuh

Balai Bahasa sosialisasi penggunaan bahasa bagi media dan percetakan di Payakumbuh

Balai bahasa Sumatera Barat bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Payakumbuh mengadakan penyuluhan bagi media dan percetakan didaerah itu. (Antara/Istimewa)

​​​​​​​Payakumbuh, (ANTARA) - Balai bahasa Sumatera Barat bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Payakumbuh mengadakan penyuluhan penggunaan bahasa media luar ruangan bagi awak media dan pengusaha percetakan didaerah itu.

"Tujuannya agar bisa berbahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga kesalahan penggunaan bahasa Indonesia di media luar ruangan tidak terjadi," kata Kepala Balai Bahasa Sumatera Barat di diwakili penyuluh bahasa, Wahyudi, di Payakumbuh, Selasa.

Penyuluhan tersebut dilakukan selama tiga hari mulai 18 hingga 20 November berempat di Ruang Ampangan, Balai Kota Payakumbuh.

Melalui penyuluhan tersebut diharapkan tidak lagi ada kesalahan dalam penulisan bahasa Indonesia di media luar ruangan termasuk penulisan baliho dan spanduk.

Sementara Kepala Diskominfo Kota Payakumbuh Jhon Kenedi, mengatakan dengan digelarnya penyuluhan ini dapat memberikan pencerahan bagi rekan media dan percetakan dalam berbahasa Indonesia yang baik.

Karena para wartawan dan pekerja percetakan merupakan orang yang sering terlibat dalam penulisan dan penggunaan bahasa Indonesia.

Penulisan dan pengejaan bahasa Indonesia yang kurang tepat akan membuat makna dan artinya berbeda sehingga pesan kepada masyarakat tidak tersampaikan.

Ia berharap setelah penyuluhan tersebut diharapkan tidak ada lagi kesalahan dalam pengejaan dan penulisan bahasa, serta dapat memberikan pencerahan bagi rekan media.

"Mungkin selama ini kita salah dalam pengejaan kata-kata dalam bahasa Indonesia. Namun setelah penyuluhan ini dapat memahami cara pengejaan bahasa Indonesia yang baik," ujarnya.