Pesisir Selatan terima penghargaan Suwastisaba Wistara

id penghargaan kabupaten sehat,Suwastisaba Wistara,hendrajoni,pesisir selatan

Pesisir Selatan terima penghargaan Suwastisaba Wistara

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni dan Ketua TP PKK Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni usai menerima penghargaan kabupaten sehat tingkat nasional 2019 kategori suwastisaba wistara. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

​​​​​​​Painan  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menerima penghargaan sebagai kabupaten sehat tingkat nasional 2019 kategori suwastisaba wistara dari Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, Selasa.

"Penghargaan ini saya tujukan kepada seluruh masyarakat Pesisir Selatan dan pihak-pihak yang telah berpartisipasi," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni usai menerima penghargaan tersebut dihubungi di Painan.

Ia menjelaskan diterimanya penghargaan suwastisaba wistara patut disyukuri karena merupakan kategori tertinggi pada penilaian kabupaten sehat tingkat nasional.

"Sebelumnya pada 2017 Pesisir Selatan hanya mendapat penghargaan dengan kategori suwastisaba wiwerda dan tahun ini naik ke kategori swastisaba wistara, ini menunjukan bahwa Pesisir Selatan terus menunjukan kemajuan," sebutnya.

Hendrajoni mengatakan penghargaan yang diperoleh Pesisir Selatan sebagai kabupaten sehat tahun ini setelah dilakukan penilaian pada enam tatanan.

Enam tatanan tersebut mencakup ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, kawasan pariwisata sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib, kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum serta kehidupan sosial yang sehat.

"Dari enam tatanan tersebut terdapat 220 indikator, penilaian dilaksanakan oleh tim penilai dari pusat," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Satria Wibawa mengatakan kabupaten sehat merupakan penghargaan untuk kabupaten atau kota di Indonesia.

Penilaian, lanjutnya, dibagi ke dalam tingkat pemantapan (padapa), pembinaan (wiwerda) dan pengembangan (wistara).

Pada tingkat kabupaten kegiatan dimotori oleh Forum Kabupaten Sehat yang menyinergikan pembangunan berwawasan kesehatan, sementara dii tingkat kecamatan dipandu oleh Forum Kecamatan Sehat dan di desa atau nagari oleh Forum Desa Sehat.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan kegiatan juga dihadiri Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto.