UPT Balai Bahasa Sumbar adakan penyuluh penggunaan bahasa di Agam

id UPT Balai Bahasa Sumbar ,penyuluhan penggunaan bahasa

UPT Balai Bahasa Sumbar adakan penyuluh penggunaan bahasa di Agam

Kepala UPT Balai Bahasa Sumbar, Dwi Sutana memberikan kata sambutan saat penyuluhan penggunaan bahasa media luar ruangan di aula Bappeda Agam, Senin (18/11). (ANTARA/Yusrizal)

Lubukbasung (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Bahasa Sumatera Barat, mengadakan penyuluhan penggunaan bahasa media luar ruangan bagi 30 peserta di Kabupaten Agam, Senin .

Kepala UPT Balai Bahasa Sumbar, Dwi Sutana di Lubukbasung, Senin, mengatakan 30 peserta itu berasal dari utusan Aparatur Sipil Negera (ASN), wartawan, siswa dan lainnya.

Menurut dia, penyuluhan itu sangat penting diadakan karena pada dasarnya alat komunikasi mengunakan kosa kata yang baik, sehingga kegiatan penyuluhan itu sebagai panduan.

Selama ini, tambahnya, angapan Bahasa Indonesia tidak perlu dipelajari oleh warga, karena setiap saat dikomunikasikan atau disampaikan.

"Kita tetap melaksanakan kegiatan itu ke 19 kabupaten dan kota di Sumbar. Utamakan Bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah dan pelajari bahasa asing," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Agam, Fauzan Helmi Hutasuhut berharap kegiatan itu berlanjut di Agam.

Ini mengingat bahwa Bahasa Indonesia merupakan simbol dan cerminan dalam kedaulatan dalam negara.

"Kegiatan itu memberikan kosa kata yang benar baik lisan maupun tulisan," katanya. (*)