Legislator dorong Pemkot Padang rancang kegiatan Subuh Berjamaah bagi pelajar

id berita padang, berita sumbar,didikan subuh

Legislator dorong Pemkot Padang rancang kegiatan Subuh Berjamaah bagi pelajar

Penilaian Kegiatan Didikan Subuh se Kota Padang di Masjid Jabal Rahmah Indarung. (Antara/istimewa)

Padang, (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Padang Edmon mendorong pemerintah kota merancang kegiatan subuh berjamaah bagi pelajar SMP.

"Saat ini sudah ada kegiatan didikan subuh, akan tetapi itu diperuntukan bagi murid SD, perlu ada program mendorong pelajar SMP juga bisa berjamaah ke masjid," kata dia di Padang, Minggu pada Penilaian Kegiatan Didikan Subuh se Kota Padang.

Ia mengapresiasi kegiatan didikan subuh yang selama ini rutin dilangsungkan setiap Minggu pagi.

Selain mengajarkan keutamaan shalat Subuh juga melatih mereka terampil dalam menguasai beragam ilmu yang diajarkan di TPQ, kata dia.

Ia berharap ke depan ada kegiatan subuh untuk pelajar SMP.

Datanglah ke Padang pada hari Minggu, maka selepas Subuh dari speaker masjid dan mushala akan terdengar sahut bersahut para pelajar bersemangat memperagakan praktik ibadah mulai dari azan, shalat, membaca Al Quran, berpidato hingga mendendangkan hiburan islami.

Mereka dibimbing langsung oleh guru-guru TPQ, memperagakan kebolehan di hadapan seluruh peserta. Tak lupa acaranya puncaknya adalah tausiyah dari guru.

Biasanya para guru akan memasukan beragam pesan dalam tausiyah mulai dari akhlak seorang muslim, ibadah, sejarah Islam, hingga motivasi untuk belajar dengan rajin.

Kegiatan Didikan Subuh dinilai efektif untuk melatih para pelajar terampil dalam praktik ibadah hingga keberanian tampil di muka umum.

Tak hanya itu melalui kultum yang diberikan para guru pesan-pesan tentang akhlak seorang muslim termasuk membentengi para santri tentang aqidah dan cara menjalankan keseharian sebagai seorang muslim yang baik dan benar.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar