Enceng Gondok dan Keramba Jaring Apung di Danau Maninjau dibersihkan tim gabungan

id Danau Maninjau,pencemaran,lingkungan,keramba jaring apung,2019,padang

Enceng Gondok dan Keramba Jaring Apung di Danau Maninjau dibersihkan tim gabungan

Anggota Kodim 0304 Agam, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, sedang membuka keramba jaring apung, Minggu (17/11). (ANTARA/ Yusrizal)

Lubukbasung (ANTARA) - Sebanyak 170 orang dikerahkan untuk membersihkan enceng gondok (Eichhornia crassipes ) dan Keramba Jaring Apung (KJA) yang ada di Danau Maninjau, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dalam mengurangi pencemaran di danau vulkanik itu, Minggu (17/11).

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Agam, Ermanto di Lubukbasung, Minggu, mengatakan 170 orang itu berasal dari tim gabungan Kodim 0304 Agam, DPKP, BPBD, Satpol PP Damkar, Dinas Lingkungan Hidup, Karang Taruna, Tim Save Maninjau dan masyarakat.

"'Pembersihan enceng gondok dan keramba jaring apung itu kita lakukan di AW Jorong Pasang Rabaa, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjungraya," katanya.

Ia mengatakan, tim gabungan itu membersihkan enceng gondok yang ada dipermukaan air Danau Maninjau menggunakan tiga perahu.

Enceng gondok itu langsung dibawa ke tempat pembuangan akhir sampah di Sungai Jariang, Kecamatan Lubukbasung, menggunakan mobil sampah.

Sedangkan keramba jaring apung dengan jumlah belasan unit itu ditarik ke tepi danau dan langsung dibuka.

"Material keramba jaring apung yang terbuat dari besi disusun di tepi danau," katanya.

Ia menambahkankeramba jaring apung yang dikeluarkan itu merupakan partisipasi dari pemilik keramba dalam mendukung untuk menyelamatkan danau dari pencemaran.

Untuk mendukung penyelamatan danau, Pemkab Agam sudah mengeluarkan, sedang dan akan mengeluarkan keramba jaring apung.

"Kita sudah mengeluarkan 3.900 petak dan target pada tahun ini 2.500 petak," katanya.

Sementara itu, Perwira Seksi Teritorial Kodim 0304 Agam Kapten Infantri Chairul M menambahkan Kodim 0304 Agam mengerahkan 40 personel untuk bersihkan danau dari pencemaran.

"Mereka kita bagi dua kelompok untuk mengeluarkan keramba jaring apung delapan orang dan enceng gondok 32 orang," katanya.

Pembersihan danau tersebut dalam program kepedulian TNI terhadap lingkungan Danau Maninjau dari pencemaran.

Selama ini, program tersebut setiap tahun digelar dalam mendukung Save Maninjau. (*)

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar