Kondisi membaik pascaoperasi, bayi kembar siam Aqila-Azila diperbolehkan pulang

id kembar siam,aqila azila,rsud soetomo

Kondisi membaik pascaoperasi,  bayi kembar siam Aqila-Azila diperbolehkan pulang

Bayi kembar siam Aqila (kiri) digendong ibunya Silvina Dewi dan Azila (kanan) digendong bapaknya Jayasri saat acara syukuran atas keberhasilan pemisahan bayi kembar siam asal Kendari, Sulawesi Tenggara, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (20/9/2019). (ANTARA FOTO/Didik Suhartono/pd)

Surabaya, (ANTARA) - Bayi kembar siam dempet dada dan perut (thoracobdomino) Aqila dan Azila, diperbolehkan pulang ke daerah asalnya Kendari, Sulewesi Tenggara, usai kesehatan dan fisiknya semakin membaik pascaoperasi pemisahan pada Agustus 2019.

"Pada Jumat (15/11), Aqila-Azila akan dipulangkan ke Kendari dan rencananya dilepas oleh Direktur Utama RSUD dr Soetomo, Dr Joni Wahyuhadi," ujar Ketua Tim Penanganan Kembar Siam RSUD Dr Soetomo dr Agus Harianto dikonfirmasi di Surabaya, Kamis malam.

Agus Harianto mengungkapkan, setelah operasi pemisahan yang dilakukan tiga bulan lalu, kondisi Aqila dan Azila memang semakin membaik dan telah siap untuk pulang.

"Tapi meski dipulangkan, kami akan tetap memantau kondisi kedua kembar siam itu," ujarnya.

Selain itu, Aqila dan Azila akan mendapatkan perawatan seumur hidup, meskipun sudah tidak dirawat di RSUD dr Soetomo Surabaya.

Bayi kembar siam Aqila dan Azila merupakan bayi kembar siam ke-99 yang telah ditangani RSUD dr Soetomo Surabaya, dan berhasil dipisahkan setelah menjalani operasi selama lima jam.

Pada operasi itu, tim dokter tidak mengalami kesulitan, namun tim dokter kembar siam RSUD dr Soetomo membutuhkan waktu cukup lama untuk memasang pelat dada yang berfungsi menggantikan tulang dada pada tubuh Azila.

Dua bulan setelah dipisahkan, kondisi kedua bayi kembar sangat stabil dan lincah seperti bayi normal lainnya, termasuk Aqila yang super aktif dan mulai belajar berjalan serta tengkurap. (*)