Legenda sepak bola Jerman sarankan Indonesia manfaatkan momentum Piala Dunia U-20

id Lothar Matthaus,Piala Dunia U-20,Bundesliga Experience,piala dunia u-20

Legenda sepak bola Jerman sarankan Indonesia manfaatkan momentum Piala Dunia U-20

Legenda sepak bola Jerman dan Bayern Munchen Lothar Matthaus memegang tropi Liga Jerman dalam lawatannya ke Indonesia pada Kamis (14/11/2019) hingga Sabtu (16/11/2019) dalam rangka mendekatkan diri Bundesliga ke masyarakat Indonesia. (Asep Firmansyah)

Jakarta, (ANTARA) - Legenda sepak bola Jerman Lothar Matthaus mengatakan Indonesia mesti memanfaatkan momentum terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 sebagai langkah lebih mengenalkan diri di mata dunia.

"Seluruh dunia akan tertuju kepada Indonesia," ujar Matthaus dalam sesi jumpa pers di Hotel Mulia Senayan, Kamis.

Legenda Bayern Munchen itu melihat terpilihnya suatu negara sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia memberikan banyak dampak positif. Kondisi pesepakbolaan akan mulai disorot dan menjadi perbincangan para pelaku olahraga dunia.

Ia mencontohkan saat gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia semua mata tertuju ke sana dan menjadi topik yang terus-menerus diperbincangkan. Maka dari itu, Matthaus mendorong agar Indonesia benar-benar memanfaatkannya.

"Dunia menanti Indonesia," kata dia.

Ia juga memberi saran kepada para pemain muda Indonesia untuk terus mengembangkan diri agar bisa berada di top level dunia. Paling penting, anak-anak muda tidak memiliki mental Star Syndrome apabila mendapat berbagai pujian.

"Anak muda harus terus berkembang, disiplin, dan jangan pernah terpengaruh dengan media untuk menghindari Star Syndrome, karena itu berbahaya," kata dia.

Sebelumnya, kedatangan Lothar Matthaus ke Indonesia sebagai bagian dari acara Bundesliga Experience Fan dalam upaya lebih mendekatkan diri dengan fans Liga Jerman di Tanah Air.

Acara Bundesliga Experience Fan akan berlangsung di Plaza Timur Senayan pada Sabtu (16/11) mulai pukul 11.00 WIB hingga 19.00 WIB. Para penggemar sepak bola khususnya pecinta Liga Jerman bisa melihat maupun berfoto langsung dengan tropi bergengsi Bundesliga, Meisterschale. (*)