Wagub pastikan Pertamina sudah tambah kuota solar untuk Sumbar

id solarsusah,solarlangkadisumbar,solarsumbar,pertamina,kuota solar Sumbar,Tambah kuota solar untuk Sumbar

Wagub pastikan Pertamina sudah tambah kuota solar untuk Sumbar

Antrean truk di SPBU karena solar langka di Sumbar sejak dua bulan terakhir. ANTARA/HO

Padang, (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit memastikan penambahan kuota solar untuk provinsi itu guna mengatasi antrean panjang di SPBU sudah disalurkan oleh PT Pertamina (Persero).

"Kita sudah dapat konfirmasi, penyaluran kuota yang ditambah 10 persen oleh Pertamina itu sudah mulai disalurkan sejak Selasa (12/11). Tapi untuk mengurai antrean, mungkin butuh waktu," katanya di Padang, Kamis.

Ia meminta masyarakat untuk tidak resah meski hingga saat ini masih ada antrean truk mengisi solar di SPBU.


Menurutnya Pemprov Sumbar akan terus memantau perkembangan terkait panyaluran solar itu, karena transportasi sangat mempengaruhi perekonomian daerah. Salah satunya untuk mengangkut kebutuhan sembako di daerah.

Jika dalam satu minggu ke depan, kondisi belum juga berubah, Pemprov Sumbar akan mengadakan pertemuan lanjutan dengan PT Pertamina untuk mencari solusi bersama.

Sebelumnya Area Sales Branch Manager Pertamina Padang, Arwin Nugraha mengatakan pihaknya menaikkan penyaluran sebanyak 10 persen dari penyaluran di bulan November dimulai Selasa (12/11).

"Usai rapat, kita langsung salurkan solar sesuai kesepakatan," katanya.

Selama ini, rata-rata pasokan solar di wilayah Sumbar sebanyak 1.080 kiloliter per hari.

Sebelum November, penyaluran solar di Sumbar setiap harinya adalah 1.080 kiloliter per hari. Jumlah itu saat ini ditambah menjadi 1.250 kiloliter/hari.

Ia memprediksi dampak dari penambahan kuota itu baru akan terlihat 5-7 hari ke depan.

Hingga hari ini, antrean truk masih terpantau di SPBU, terutama di jalan By Pass yang dilewati jalur lintas Sumatera. (*)