Rektor UNP imbau pelatih dan dosen lakukan inovasi

id Unp

Rektor UNP imbau pelatih dan dosen lakukan inovasi

Rektor UNP, Prof Ganefri saat memberikan sambutan Konferensi Internasional Ilmu Olahraga, Kesehatan, dan Pariwisata, ICoSSHT (Internationa Conference on Sport Science, Health and Tourism) yang pertama,di Hotel UNP, Rabu. (Antara Sumbar/Istimewa)

Padang (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri mengimbau tenaga pelatih dan dosen ilmu keolahragaan melakukan inovasi keilmuan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0

Hal tersebut dikatakan Ganefri saat membuka kegiatan Konferensi Internasional Ilmu Olahraga, Kesehatan, dan Pariwisata, ICoSSHT (Internationa Conference on Sport Science, Health and Tourism) yang pertama,di Hotel UNP, Rabu.

"Untuk menjadi pelatih, guru, dosen atau instruktur di era kemajuan teknologi tak boleh lagi mengabaikan inovasi. Peran pelatih, guru, dosen serta intrukstur tidak bisa digantikan oleh adanya aplikasi teknologi yang ada," katanya.

Menurut Ganefri, inovasi butuh sumberdaya manusia yang unggul melalui konsistensi pengembangan ilmu dan riset tak terkecuali bagi profesi pelatih, dosen, guru dan instruktur yang mesti intensif di era kemajuan teknologi saat ini.

"Fungsi guru dan fungsi orang tua dalam hal pengembangan hubungan batin dan bimbingan terhadap anak dan anak didik tidak bisa digantikan oleh teknologi. Untuk itu kita haruslah terus mengembangkan inovasi baru terus-menerus dengan memanfaatkan teknologi," katanya.

Pemikiran dalam bidang ilmu olahraga, kesehatan, dan pariwisata amat penting dalam perkembangan kehidupan di era teknologi ini.

Untuk itu, kemajuan teknologi perlu dimanfaatkan oleh ahli olahraga sebagai pendidik dan pelatih.

ICoSSHT yang pertama di gelar Fakultas Ilmua Keolahragaan (FIK) itu berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis (13-14/11) dengan menghadirkan lima nara sumber dari dalam dan luar negeri. Mereka adalah drg. Kartini Rustandi dari Kemenkes RI, Prof. Dr. Jeong Howon dari Kyunpook National University, South Korea, Assoc. Prof. Dr. Nimanee dari Thammasat University, Assoc Prof. Dr. Selia Khoo dari Universitas Malaya Malaysia dan Prof Gusril dari UNP.

Konferensi Internasional ini mengangkat topik Peningkatan Ilmu Olahraga, Kesehatan, dan Pariwisata untuk Pengembangan Pembangunan.

Melalui ICoSSHT ini diharapkan akan dapat solusi agar olah raga ini akan kembali membumi di Indonesia.

Untuk kegiatan ini akan diikuti oleh perwakilan lima negara, yaitu Korea Selatan, Thailand, Malaysia, dan Oman. Sementara untuk peserta lokal akan diikuti oleh peserta dari Jakarta, Surabaya, Palembang, dan Jambi.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar