Unbrah Tuan Rumah Pertemuan MCUT Taiwan dan LLDikti X

id Unbrah

Unbrah Tuan Rumah Pertemuan MCUT Taiwan dan LLDikti X

Universitas Baiturrahmah (Unbrah) menjadi tuan rumah pertemuan antara rombongan Ming-Chi University of Technology (MCUT) Taiwan dan kampus di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah X pada Selasa (12/11). (ANTARA SUMBAR/ist)

Padang (ANTARA) - Universitas Baiturrahmah (Unbrah) menjadi tuan rumah pertemuan antara rombongan Ming-Chi University of Technology (MCUT) Taiwan dan kampus di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah X pada Selasa (12/11).

Rektor Unbrah Prof. Musliar Kasim, di Padang, Rabu mengatakan pertemuan tersebut sebagai tindak lanjut dari kerja sama antara LLDikti wilayah X dan MCUT beberapa waktu lalu.

Dia menyebutkan dalam kegiatan tersebut sebanyak delapan perwakilan dari MCUT yang terdiri atas Presiden kampus, enam perwakilan bidang departemen serta satu mahasiswa bertemu dengan puluhan wakil kampus yang di lingkungan LLDikti wilayah X.

Hal ini kata Musliar akan bermanfaat untuk kedua belah pihak terutama dari kampus swasta di LLDikti dalam pengembangan pendidikan tinggi ke depan.

Harapannya ke depan usai pertemuan dapat ditindaklanjuti dengan usulan kerja sama misal pertukaran dosen dan mahasiswa hingga rencana riset berbagai bidang.

Menurut rektor kefokusan MCUT yakni pada bidang teknologi, tentu Unbrah dan beberapa kampus lainnya tetap memiliki peluang yang sama untuk menjalin nota kesepahaman.

Senada itu Kepala LLDikti wilayah X Prof. Herri mengatakan kemajuan yang telah dialami MCUT dapat dibagikan kepada kampus swasta yang ada di lingkungannya.

Seperti kuliah yang telah berbasis teknologi menjadi rujukan kampus di LLDikti X untuk mengembangkan sistem serupa.

Pertemuan antara kampus di Sumbar, Riau, Jambbi dan Kepualauan Riau dengan MCUT di Unbrah menjadi momen ke depan dilaksanakan kegiatan serupa.

Dia menambahkan maksud kedatangan MCUT ke Padang yakni dalam promosi kegiatan "Summer Camp" yang melibatkan mahasiswa seluruh dunia untuk kuliah di MCUT kemudian mengenal budaya Taiwan.

MCUT di Padang menjaring mahasiswa di Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang untuk mengikuti sisitem kuliah "tri plus two". Di mana kuliah tiga tahun di Indonesia dan dua tahun di Taiwan.

Meskipun tidak diperuntukkan khusus kepada kampus swasta, namun pihak MCUT tetap mempersilahkan mahasiswa untuk ikut "Summer Camp".

Sementara kegiatan yang bertajuk "Audition Meeting" digelar di Auditorium Kampus Unbrah Aie Pacah Padang diikuti lebih dari 70 perwakilan kampus se- LLDikti wilayah X.

Selain kegiatan audiensi, perwakilan Taiwan juga mengenalkan seluk beluk kampusnya termasuk membuka peluang dalam bekerja sama seperti riset dan pertukaran dosen serta mahasiswa.(*)