Sukses sebagai tuan rumah TdS, Pesisir Selatan pertimbangkan gelar Tour de Mandeh

id Tour de Mandeh,Tour de Singkarak,Kawasan Wisata Bahari Mandeh,Pesisir Selatan,Pariwisata Pesisir Selatan

Sukses sebagai tuan rumah TdS, Pesisir Selatan pertimbangkan gelar Tour de Mandeh

Sejumlah pebalap beradu cepat ketika melintasi kawasan wisata Mandeh saat mengikuti Tour De Singkarak 2019 etape kesembilan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Minggu (10/11/2019). Pada etape kesembilan yang juga etape terakhir dengan rute Pesisir Selatan-Padang sejauh 107,7 kilometer, Azman Muhammad Zawawi dari Sapura Cycling Team menjadi pebalap tercepat dengan catatan waktu dua jam, 44 menit dan 38 detik disusul Mohd Zarif Muhammad Nur Aiman rekan setimnya dan juara tiga Felipe Marcelo dari tim 7eleven Cliqq Air21 by Roadbike Philippines. ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/wsj.

PainanĀ  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mempertimbangkan untuk menggelar balapan Tour de Mandeh (TdM) setelah sukses menjadi lokasi finis dan start balapan Tour de Singkarak (TdS) 2019 etape VIII dan IX.

"Pelaksanaan TdM masih dipertimbangkan, kendati demikian kami cukup yakin balapan tersebut berdampak signifikan terhadap tingkat kepopuleran Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Erizon di Painan, Selasa.

Ia menambahkan ide penyelenggaraan TdM lahir dari salah satu panitia TdS, setelah sebelumnya melihat keseriusan Pemkab Pesisir Selatan menyiapkan berbagai hal dalam upaya menyukseskan balapan.

Selain itu, sebutnya, pertimbangan lainnya ialah animo masyarakat yang tinggi dalam menyaksikan dan memberi semangat kepada seluruh pembalap.

"Yang tidak kalah penting ialah keindahan Mandeh yang akan menjadi daya tarik tersendiri dalam ajang tersebut," kata dia.

Pada TdS 2019 hampir melewati seluruh kecamatan di daerah setempat dilewati para pembalap kecuali Kecamatan Lunang, Silaut dan IV Nagari Bayang Utara.

Sebelumnya pada ajang yang sama pembalap hanya melewati Kecamatan IV Jurai, Bayang dan Tarusan. Itupun tidak melewati kawasan Mandeh karena jalan di sana belum memadai untuk dilewati.

Dengan melintasnya pembalap di kawasan Mandeh pada tahun ini, mereka disuguhi pemandangan wisata bahari yang elok mulai dari perairan yang tenang hingga gugusan pulau-pulau yang indah.

Serta yang tidak kalah penting di kawasan Mandeh terdapat tikungan-tikungan menantang, serta turunan dan tanjakan yang akan menguji kemahiran pebalap.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar